Putussibau, Kalbar (ANTARA News) - Ratusan pemuda Kapuas Hulu mengucapkan komitmennya dalam mempromosikan potensi wisata Danau Sentarum di Pulau Melayu kawasan Danau Sentarum wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

"Pemuda memiliki peranan strategis dalam pembangunan bangsa Indonesia dari berbagai bidang termasuk mempromosikan potensi wisata Danau Sentarum," kata Koordinator Pemuda dari berbagai organisasi kepemudaan di Kapuas Hulu, Aliyanto kepada Antara, Sabtu.

Dijelaskan Aliyanto, pemuda - pemudi di Kapuas Hulu berkomitmen untuk berkontribusi membantu pemerintah dalam mempromosikan potensi wisata melalui berbagai cara termasuk memanfaatkan media sosial yang akrab dengan dunia anak muda.

"Manfaatkan media sosial dan lakukan kerja nyata dalam membantu mempromosikan Danau Sentarum," ucap Aliyanto.

Kepala Bidang Kepemudaan, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kapuas Hulu, Syahbudin mengatakan dilibatkannya pemuda dalam promosi potensi wisata karena pemuda merupakan bagian terpenting dalam berbagai sektor pembangunan, salah satunya sektor pariwisata.

Dia meyakini pemuda di Kapuas Hulu mampu memberikan yang terbaik bagi pembangunan Kapuas Hulu sesuai kapasitasnya masing-masing.

"Saya yakin seluruh pemuda dari berbagai organisasi itu mampu menunjukkan persatuan dan kesatuan dalam memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara ini salah satunya mempromosikan potensi wisata Danau Sentarum," kata Syahbudin.

Wujud kerja nyata dalam memberikan kontribusi ratusan pemuda itu mengunjungi langsung Pulau Melayu yang berada di kawasan Danau Sentarum dan melaksanakan bhakti sosial, bahkan berbagai kegiatan juga dilakukan dalam memeriahkan Festival Danau Sentarum di daerah perbatasan Indonesia - Malaysia, di Kecamatan Batang Lupar, Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

Danau Sentarum di Kapuas Hulu Kalimantan Barat yang berada dalam kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia dikenal dengan keunikan alam dan masyarakat di sekitarnya yang hidup dengan kearifan lokal adat istiadat serta seni budaya yang begitu memikat.

Berbagai suka dan etnis yang hidup di sekitar Danau Sentarum, seperti suku Dayak Iban, Kantuk, Tamambaloh dan suku Melayu, rata-rata menggantungkan hidupnya kepada alam seperti mencari ikan, madu hutan dan beberapa penghasilan lainnya yang tetap mengutamakan kelestarian alam.

Danau ini juga menyimpan banyak kekayaan alam yang mungkin tidak dimiliki oleh daerah lain di dunia.

Berdasarkan catatan Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun Danau Sentarum (BBTNBKDS), Danau Sentarum memiliki ratusan jenis tumbuh-tumbuhan termasuk anggrek dan kantung semar, berbagai jenis ikan termasuk arowana, burung, mamalia termasuk orangutan, kura-kura air tawar dan labi-labi serta buaya, yang semuanya berpotensi wisata.

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018