Jakarta (ANTARA News) - Atlet golf amatir putri Indonesia Viera Permata Rosada memasang target lolos dalam seleksi tim nasional SEA Games 2019 setelah meraih gelar juara Piala Menpora-Emeralda 2018 yang berlangsung di lapangan Emeralda Golf Club di Tapos, Depok, pada 25-27 Oktober.

"Tentu saja saya ingin masuk tim nasional karena saat ini saya adalah atlet pelapis kedua. Tapi, saya tidak ingin terlalu memikirkan hal itu karena dapat mempengaruhi permainan saya," kata Viera selepas menerima Piala Menpora-Emeralda 2018, Sabtu.

Viera meraih gelar juara Piala Menpora-Emeralda 2018 setelah mengoleksi total 214 pukulan atau dua di bawah par dalam tiga hari perlombaan.

Pada perlombaan hari pertama Kamis (25/10), Viera mendapatkan par atau 72 pukulan. Atlet Banten itu mendapatkan birdie masing-masing pada hole tujuh, hole delapan, dan hole 17. Tapi, dia juga menemui bogey pada hole satu, hole enam, dan hole 14.

Atlet berusia 17 tahun itu mendapatkan 70 pukulan atau dua di bawah par pada hari kedua, Jumat (26/10). Empat birdie didapatkan Viera masing-masing pada hole tiga, hole tujuh, hole 12, dan hole 15. Hanya saja, dia harus menemui dua bogey masing-masing pada hole enam dan hole sembilan.

Pemain amatir yang masih bersekolah di SMA Negeri 4 Depok itu menutup turnamen dengan par atau 72 pukulan pada perlombaan hari ketiga Sabtu. Viera mendapatkan masing-masing satu birdie pada hole lima, hole tujuh, dan hole 17 walaupun mencetak satu bogey pada hole sembilan dan double bogey pada hole enam.

"Ini adalah pencapaian terbesar bagi saya setelah berlatih golf sejak tujuh tahun lalu. Kunci kemenangan saya pada hari kedua dengan main dua di bawah par. Padahal, saya hanya menargetkan par saja," kata atlet yang mulai berlatih golf pada usia 10 tahun itu.

Viera mengaku mulai menyukai permainan golf setelah diperkenalkan cabang olahraga itu oleh ibunya. "Saya diajak driving sama ibu yang menemani klien-nya. Saya mulai memukul bola dan berlanjut sampai sekarang," ujar atlet yang lebih sering berlatih di Serpong, Banten itu.

Atas prestasinya meraih gelar juara Piala Menpora-Emeralda 2018 itu, Viera mendapatkan hadiah berupa keikutsertaan gratis dalam kejuaraan golf tingkat Asia-Pasifik pada 2019.

"Saya ingin terus mempertahankan skor di bawah par seperti ini. Saya akan terus berlatih dan menyiapkan mental untuk menghadapi pemain-pemain unggulan," katanya.

Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PGI) I Gusti Putu Gede mengatakan turnamen Piala Menpora-Emeralda 2018 menjadi salah satu ajang uji coba bagi calon-calon atlet tim nasional golf Indonesia jelang SEA Games 2019.

"Kejuaraan ini menjadi salah satu ajang uji coba meskipun pelatnas SEA Games belum dimulai secara resmi," kata Gusti yang menambahkan sebanyak 40 atlet amatir golf nasional berada di bawah pembinaan PB PGI.

PB PGI, menurut Gusti, belum dapat menentukan jumlah maupun komposisi atlet yang akan masuk dalam tim nasional menuju SEA Games 2019 menyusul nomor perlombaan cabang golf yang belum ditentukan panitia SEA Games Filipina itu.

"Kami tentunya memantau hasil dalam turnamen-turnamen seperti ini serta perkembangan peringkat dunia dari setiap atlet amatir. Kami ingin melihat perkembangan atlet-atlet pelapis juga," kata Gusti.

Baca juga: Golf - Kevin lampaui target raih Piala Menpora-Emeralda 2018

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018