Dengan demikian, total misi pembelian hingga hari keempat tercatat sebesar 6,54 miliar dolar AS
Jakarta, 27/10 (Antara) - Misi pembelian di hari keempat penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 berhasil meraih transaksi sebesar 1,39 miliar dolar AS. 

“Importir negara mitra dagang dan eksportir Indonesia menandatangani sebanyak lima MoU dengan nilai mencapai 1,39 miliar dolar AS pada hari keempat TEI 2018,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Arlinda melalui keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Misi pembelian ditandai dengan penandatanganan sebanyak dua nota kesepahaman (MoU) yang disaksikan langsung oleh Arlinda yang dilaksanakan pada Sabtu (27/10) diI InternationalConvention Exhibition Bumi Serpong Damai (ICE BSD), Tangerang, Banten.  

Penandatanganan kontrak dagang dilakukan dengan importir Italia sebesar  41 juta dolar AS untuk produk kertas dan Arab Saudi sejumlah 1,34 miliar dolar AS untuk sektor perdagangan, pariwisata, dan investasi (TTI) umrah dan haji.

Kemudian penandatanganan dengan importir Yordania senilai  6 juta dolar AS dan Palestina sebesar 1 juta dolar AS masing-masing untuk produk makanan dan minuman. 

Arlinda menyampaikan, masih ada MoU yang akan ditandatangani pada hari terakhir pelaksanaan TEI 2018. 

Sebelumnya, total MoU pada hari pertama sebanyak 44 MoU dengan nilai 4,96 miliar dolar AS.

Pada hari kedua dilaksanakan 18 penandatangan MoU dengan nilai sebesar 131,17 juta dolar AS dan hari ketiga ada 9 MoU dengan nilai 60,03 juta dolar AS. 

“Dengan demikian, total misi pembelian hingga hari keempat tercatat sebesar 6,54 miliar dolar AS,” kata Arlinda. 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2018