Pacitan  (ANTARA News) - Pacitan yang berada di perbatasan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah dan dikenal sebagai Kota 1001 goa disinggahi Sepeda Nusantara 2018 yang merupakan salah satu program unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Kegiatan yang salah satu tujuannya untuk membudayakan masyarakat berolahraga itu dipusatkan di Alun-alun Kabupaten Pacitan, Minggu. Ribuan masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

"Kami ucapkan terima kasih kepada pihak Kemenpora memberikan kesempatan kepada Pacitan menjadi tuan rumah Sepeda Nusantara 2018. Ini adalah sebuah penghargaan bagi masyarakat Pacitan," kata Bupati Pacitan Indartato di sela pelepasan Sepeda Nusantara 2018.

Sebagai kota pesisir yang dikenal dengan wisata alamnya termasuk goa, Sepeda Nusantara 2018 di Pacitan terbilang banyak peminatnya. Bahkan sambutan masyarakat di sepanjang lintasan juga cukup tinggi. Apalagi pelaksanaannya bersamaan dengan hari libur.

Setelah dilepas di Alun-alun Pacitan, Sepeda Nusantara bergerak di arah timur menyusuri jalan tengah kota.

Bupati Pacitan Indartato dan Kepala Biro Hukum dan Humas Kemenpora Sanusi memimpin kegiatan yang diikuti oleh masyarakat umum hingga pelajar ini. Rombongan langsung menyusuri jalan protokol sepanjang kurang lebih 10 km.

"Semoga kegiatan ini bisa lebih memacu semangat masyarakat Pacitan untuk membudayakan olahraga. Tidak hanya itu, harapan kami kegiatan bisa memacu semangat atlet muda untuk lebih berprestasi," katanya menambahkan.

Menurut Bupati Pacitan, dari daerah 1001 goa ini juga banyak lahir atlet-atlet potensial Sebut saja pebola voli nasional yang saat ini berkiprah di Livoli dan Proliga, Veleg Dhany Ristan Krisnawan dan Novia Andriyanti. Bahkan keduanya berkiprah di Asian Games 2018.

"Semoga ke depan banyak lagi atlet-atlet muda potensial dari Pacitan. Bibit-bibit sudah ada. Tinggal bagaimana mengasah dan dukungan termasuk dari pemerintah pusat," kata Bupati asal Lorok itu.

Sementara itu Kepala Biro Hukum dan Humas Kemenpora Sanusi mengatakan rangkaian Sepeda Nusantara 2018 singgah di 70 kabupaten/kota Indonesia. Adapun puncak pelaksanaan salah satu program andalan Kemenpora bakal digelar di Denpasar, Bali, bulan depan.

"Sepeda Nusantara merupakan salah satu media untuk interaksi semua lapisan masyarakat di Indonesia dan bersinergi dengan baik. Apalagi pelaksanaan di Pacitan cukup istimewa karena bersama dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda," katanya.

Selain itu, kata dia, harapan yang sangat dinantikan adalah kegiatan ini mampu melahirkan banyak atlet-atlet potensial karena regenerasi harus berjalan. Pihaknya menilai Pacitan merupakan salah satu wilayah yang mempunyai banyak peluang untuk mengembangkan olahraga prestasi. 

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2018