Jakarta (ANTARA News) - Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoli, mengagumi lukisan tangan (hand painting) karya narapidana dari Rumah Tahanan Cipinang, Jakarta, yang dilukis di kemeja jeans saat pameran jalan gembira KUMHAM BNI, di wisma BNI, Minggu.

Dalam keterangan yang diterima, dia mengunjungi stan milik yang diprakarsai Direktorat Jenderal Pemasyarakan Kementerian Hukum dan HAM ini.

Saat berada di stan ini, dia mengagumi lukisan yang dibuat di baju motif secara tematik dan tergantung pemesan.

"Untuk satu baju jeans dipatok harga Rp1,5 juta," kata Kasubsi Bimbingan Kegiatan Kerja Rumah Tahanan Cipinang, Eko Widiatmoko, yang menyambung, sudah ada 10 narapidana yang dilatih di Rumah Tahanan Cipinang untuk itu.

Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Sri Utami, mengatakan, saat ini juga karya unggulan narapidana yang kualitas ekspor sedang di pamerkan di trade Expo Indonesia di BSD Tangerang.

Salah satu lukisan tiga dimensi karya narapidana Rutan Cipinang laku terjual seharga Rp10 juta oleh delegasi dagang Bahrain, ungkap Utami.

Dia juga menyebutkan pada 31 Oktober samapi dengan 7 November mendatang juga akan ada pameran ketujuh karya seni dan kerajinan narapidana,di Museum Keramik, Kota Tua Jakarata Barat.

"Akan ditampilkan karya seni produk napi dan tampilan langsung musik dan tari, oleh warga binaan pemasyarakatan di jabotabek," kata Utami. 

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018