Mohon betul agar lomba ketinting ini bisa dijadikan agenda rutin Pemko Batam
Batam (ANTARA News) - Lomba pacu perahu sampan ketinting memeriahkan perayaan Sumpah Pemuda ke-90 di Kota Batam Kepulauan Riau, Minggu.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan lomba pacu sampan ketinting merupakan tradisi masyarakat pesisir Pulau Batam yang dilaksanakan turun temurun. Dan kini, dilaksanakan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Pacu sampan ketinting, merupakan lomba mengemudikan sampan bermesin tempel. Namun, tanpa kemudi, dan hanya mengandalkan keterampilan joki untuk mengarahkannya.

Sebanyak 36 tim mengikuti lomba yang digelar di Perairan Patam Lestari itu. Ketua panitia perlombaan, Jailani, mengatakan sengaja memilih waktu perlombaan untuk memperingati Sumpah Pemuda.

"Perlombaan ini dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda di RW 01 Patam Lestari. Selain itu juga ada pembagian bantuan sembako bagi warga RW 01," kata Ketua Panitia, Jailani.

Dalam kesempatan itu, ia berharap pemerintah terus melestarikan lomba pacu ketinting, dengan menjadikannya atraksi budaya untuk menarik kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri.

Ketua RW 01 Patam Lestari, Taufiq Aman berharap kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin.

Secara tak langsung, lomba pacu sampan ketinting menjadi ajang silaturahmi nelayan, tak cuma di Patam Lestari tapi juga daerah pesisir lain di Batam.

"Selain itu bisa mengundang wisatawan ke Patam Lestari. Mohon betul agar lomba ketinting ini bisa dijadikan agenda rutin Pemko Batam," sebutnya.

Dalam perlombaan itu, panitia menyediakan "doorprize" untuk warga dengan hadiah utama satu unit sepeda motor.*


Baca juga: Kuantan Singingi mulai Festival Pacu Jalur

Baca juga: Sandiaga diharapkan angkat Festival Pacu Jalur Kuansing


 

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018