Jakarta (ANTARA News) - Tamara Geraldine mengatakan baiknya Sumpah Pemuda tidak hanya dirayakan tiap tahun, namun sebulan sekali agar masyarakat lebih bisa memaknainya.

Tamara meminjam kata-kata Soekarno yang berbunyi, "Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri". 

Menurut Tamara, hal ini memang benar terjadi. Oleh karena itu, Sumpah Pemuda harus diucapkan setiap bulan.

"Akan sangat perlu untuk merefresh Sumpah Pemuda. Enggak harus setahun sekali, deklarasi pemuda kalau bisa sebulan sekali," ujar Tamara kepada Antara usai peluncuran buku "Drums (Not Drugs) Generation" di Jakarta, Minggu.

Bagi Tamara, masalah yang dihadapi anak muda sekarang ini lebih berat. Mulai dari narkoba, terorisme, sikap hedonisme dan rasa tidak percaya.

"Tekanan anak sekarang itu lebih berat. Makanya Sumpah Pemuda harus direfresh setiap saat. Ada tiga hal penting sebenarnya, hedonisme, kemiskinan dan kurang kepercayaan diri. Kurang percaya diri, orang jadi enggak ada kompetensi. Itu pe-er yang ada di depan mata," terangnya.

Bagi wanita kelahiran 21 Mei 1974 itu, Hari Sumpah Pemuda tidak hanya sebuah peringatan di kalendar. Sebab, puluhan tahuan yang lalu para pemuda berjuang mati-matian untuk merumuskan "berbangsa satu, berbahasa satu dan bertanah air satu".

"Harus diingetin sih supaya negara ini pemudanya tahu bahwa ada landasan yang diperjuangkan dan dipertahankan. Waktu tidak direfresh, intoleran akan terjadi," jelas Tamara.

Baca juga: Tamara Geraldine tulis biografi Ernie Djohan

Baca juga: Tamara Geraldine Beri Tips Sembuhkan Maag

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018