Laporan dari London

Datang ke Indonesia, Pengusaha Italia teken kontrak dagang 40 juta dolar

Datang ke Indonesia, Pengusaha Italia teken kontrak dagang 40 juta dolar

Ilustrasi: Penandatanganan kerja sama antara Kementerian Perdagangan dengan mitra dagang dari empat negara di sela perhelatan Trade Expo Indonesia 2018 di Tangerang, Kamis. (ANTARA News/ Sella Panduarsa Gareta)

minat pengusaha Italia mengembangkan bisnis ke Indonesia dapat dimanfaatkan pengusaha nasional untuk meningkatkan ekspornya melalui peningkatan produksi yang berkualitas... IL
London (ANTARA News) - Delegasi Italia yang menghadiri Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 berhasil membukukan transaksi bisnis sebesar 41,6 juta dolar AS yang diraih tiga perusahaan Italia yang bergerak di bidang usaha kertas dan furnitur.

Minister Counsellor KBRI Roma, Charles F. Hutapea, dalam keterangan kepada Antaranews London, Minggu, mengatakan 25 pengusaha Italia menghadiri Trade Expo Indonesia (TEI) 2018, yang berlangsung di BSD City, Tangerang, Banten dari tanggal 24 hingga 28 Oktober lalu.

Delegasi bisnis dipimpin Wakil Kepala Perwakilan RI untuk Italia, JS George Lantu, mewakili Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani. Rombongan pengusaha Italia merupakan mitra Atase Perdagangan KBRI Roma dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Milan.

Mereka umumnya bergerak di bidang usaha kertas, furnitur, kerajinan tangan, tekstil, makanan dan minuman olahan, pelumas dan solar, hingga penyelenggara balap mobil F2 serta investor sumber energi tenaga angin.

Menurut J.S. George Lantu, jumlah anggota delegasi bisnis Italia pada TEI 2018 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat 11 pengusaha.

Peningkatan minat tersebut dinilainya merupakan hasil upaya penggalangan calon pembeli TEI 2018 yang dilakukan KBRI Roma melalui berbagai kegiatan sosialisasi peluang usaha dan investasi Indonesia di Italia.

Atase Perdagangan KBRI Roma, Sumber Sinabutar, menyampaikan Delegasi Italia membukukan transaksi bisnis sebesar 41,6 juta dolar AS yang diperoleh tiga perusahaan Italia yang bergerak di bidang usaha kertas dan furnitur, yaitu Nadina Srl dengan mitranya PT. Kunindo Pratama Jaya, Asia Palmi Snc dengan Sentana Art Wood, dan APP Italia Srl dengan Indah Kiat Pulp and Paper.

Kegiatan penandatanganan dilaksanakan di lokasi pameran disaksikan para pejabat Kementerian Perdagangan, dan pejabat KBRI Roma.

Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani, mengharapkan besarnya minat pengusaha Italia mengembangkan bisnis ke Indonesia dapat dimanfaatkan pengusaha nasional untuk meningkatkan ekspornya melalui peningkatan produksi yang berkualitas, penciptaan desain yang kreatif,  serta kemasan yang menarik dan ramah lingkungan.

Baca juga: Trade Expo Indonesia 2018 bukukan transaksi Rp126 triliun

Pewarta:
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar