Jakarta (ANTARA News) - Pangeran Harry dari kerajaan Inggris dan istrinya Meghan Markle disambut dalam upacara seremonial di Selandia Baru, Minggu (28/10) waktu setempat yang merupakan lokasi terakhir dari tur Pasifik, tur kerajaan internasional perdana sejak mereka menikah pada Mei silam.

Dikutip Reuters, pasangan kerajaan yang sudah mengunjungi Australia, Fiji dan Tonga itu disambut di bandara Wellington oleh Perdana Menteri Jacinda Ardern.

Upacara penyambutan resmi berlangsung di Government House, kediaman Gubernur Jenderal Dame Patsy Reddy.

Harry dan Meghan menggosokkan hidung dengan pemimpin Maori, sebuah cara sambutan tradisional "hongi" dan disambut dengan "haka", tarian perang yang usianya sudah berabad-abad, sebagai bentuk penghormatan pada mereka. 

Meghan mengenakan mantel cokelat bermotif kotak-kotak dipadu gaun hitam sederhana, sementara Harry memakai setelan jas abu-abu tua. 

Setelah itu, Harry dan Meghan mengunjungi Pukeahu National War Memorial Park dan menaruh bunga di makam pahlawan tanpa nama kemudian pergi ke UK Memorial.

Orang-orang beramai-ramai berkumpul untuk melihat langsung sekelebat cucu Ratu Elizabeth dan istrinya. Pasangan itu juga menyempatkan diri bertemu dan bersalaman dengan warga sebelum pergi.

Harry dan Meghan terbang dari Australia, Minggu, setelah menutup Invictus Games di Sydney, kemudian mereka ditemani beberapa atlet Incivtus Games dari Selandia Baru.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018