Jakarta (ANTARA News) - Produsen perangkat elektronik dari China, YI Technology, memperkenalkan salah satu produk terbaru mereka berupa penyimpanan cloud yang terintegrasi dengan kamera mereka.

“Masih sangat berkembang, potensinya masih sangat besar,” kata Manajer Media Sosial dan Pemasaran YI Technology Indonesia, Bagas Satriadi saat disinggung mengenai pendapat mereka soal pasar cloud di Indonesia.

YI Cloud akan digunakan untuk menyimpan rekaman video dari lini kamera pengawas YI Home Camera, cloud akan terintegrasi dengan perangkat-perangkat di lini tersebut.

YI Cloud dapat diakses pengguna berdasarkan sistem berlangganan, mereka dapat memilih sejumlah paket berlangganan yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan. YI Technology menyasar orang-orang yang ingin meningkatkan keamanan di rumah mereka selain memasang kamera pengawas.

Menurut Bagas, pada buan September lalu, jumlah pelanggan YI Cloud sudah ada 500 orang, sementara di Asia, jumlah pelanggan mencapai 1.600.

“Untuk angka berlangganan, optimistis karena rekam jejak penjualan Home Camera kami meningkat dibandingkan awal 2018,” kata Bagas.

Teknologi cloud yang dapat langsung dipakai masyarakat sudah hadir di Indonesia sejak beberapa tahun belakangan, salah satu produk yang paling terkenal adalah Google Drive yang terpasang di ponsel yang beroperasi dengan sistem Android.

Google Drive menawarkan penyimpanan secara gratis hingga 15GB. Meski pun sama-sama memakai teknologi penyimpanan cloud, YI tidak langsung berkompetisi dengan Google Drive karena menawarkan fungsi yang berbeda.

YI Cloud hanya digunakan untuk menyimpan data dari perangkat kamera YI.

Bagas membenarkan tidak semua orang memahami penyimpanan melalui cloud, yang diyakini lebih mudah diakses karena terhubung dengan perangkat seluler dan dapat diakses di mana saja selama memiliki sambungan internet.

Agar informasi mengenai cloud lebih bisa menjangkau masyarakat, mereka ingin memberi pemahaman kepada masyarakat mengenai perbedaan menyimpan data di kartu memori dengan di cloud, salah satunya dengan mengikuti pameran teknologi di Indonesia.

Salah satu keuntungan memakai penyimpanan cloud dari YI ini adalah tidak ada batasan kapasitas seperti di kartu memori, rekaman video pun akan ditambahkan secara aktual atau real time.

Manfaat lainnya jika kamera dicuri atau kartu memori tidak bisa diakses, pengguna masih menyimpan video cadangan di cloud. YI Technology menjamin data yang ditranfer dari kamera ke cloud dilindungi enkripsi dengan standard yang sama dengan yang digunakan di industri keuangan.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2018