Jakarta (ANTARA News) - Tim bola voli putri Bank Jatim melaju ke semifinal Livoli Divisi Utama 2018 setelah meraih kemenangan kedua atas tim promosi Badak LNG Bontang 3-0 (25-14, 25-21, 25-21) di GOR Ki Mageti, Magetan, Jawa Timur, Selasa.

Meski sudah memastikan diri lolos ke semifinal, Rianita Panirwan dan kawan-kawan menyisakan satu pertandingan yaitu melawan Alko Bandung, Rabu (31/10). Sebelumnya Bank Jatim memang atas TNI AU dengan skor 3-0.

Pelatih Bank Jatim Muhammad Ansori mengaku anak asuhnya mampu meraih hasil terbaik pada pertandingan ketiga melawan Alko Bandung karena dengan meraih kemenangan bakal menjadi juara Pul P.

"Saya optimis kita juara pul. Kemenangan 3-0 dua kali sudah menjadi bekal untuk juara pul," kata pelatih nasional putri pada ajang Asian Games 2018 Jakarta dalam keterangan resminya.

Mengomentari penampilan anak asuhnya menghadapi Badak LNG Bontang, Ansori mengatakan kalau timnya bermain menekan pada set pertama. Setelah itu set kedua dan ketiga anak asuhnya sudah bisa membaca permainan lawan sehingga bisa meraih kemenangan.

Sementara itu, asisten pelatih Badak LNG Bontang, Munawar mengakui kalau Amasya Manganang dan kawan-kawan sulit mengembangkan permainan mengingat tim lawan banyak bermaterikan pemain nasional seperti Asih Titi Pangestuti, Novia Andrianti, Yolana Betha Pangestika, dan Megawati Hangestri Pertiwi.

Meski begitu, tim yang disiapkan dalam waktu singkat ini bisa memberikan perlawanan. "Terutama pada waktu set kedua, sempat mengimbangi permainan Bank Jatim. Tapi yah masalah mental," tukasnya.

Tim Badak LNG Bontang meski kalah masih tetap memiliki peluang maju ke semifinal dengan catatan Agustin Wulandari dan kawan-kawan harus mampu mengalahkan TNI AU di tempat yang sama, Rabu (31/10).

Di bagian putra, Indomaret Sidoarjo dipastikan melangkah ke babak semifinal setelah Selasa (30/10) mengungguli Yuso Yogyakarta 3-1 (22-25, 25-23, 25-20, 25-22). Ini merupakan kemenangan kedua Hernanda Zulfi dan kawan-kawan. Sebelumnya mereka menang dari Bina Cijaura Kabupaten Bogor 3-0 dan kalah dari Samator pada hari perdana kejuaraan tahunan ini.

Bagi Yuso Yogyakarta, kekalahan kedua di Pul A menempatkan klub itu di zona degradasi atau memperebutkan posisi kelima hingga delapan bersama Bina Cijaura Kabupaten Bogor. Kedua klub itu akan bertemu Rabu (31/10) untuk berebut posisi ketiga Pul A.

Baca juga: Tim bola voli putri Petrokimia Gresik terancam turun kasta
Baca juga: Juara bertahan Bank Jatim lolos rintangan pertama Livoli
Baca juga: Livoli ajang seleksi atlet SEA Games 2019

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018