petugas DVI di RS Polri hanya akan memperbolehkan keluarga dekat untuk mengidentifikasi korban.
Jakarta, (ANATARA News) - Penanggung jawab pusat krisis Lion Air JT 610 di Bandara Halim Perdanakusuma Tri Siswoyo mengimbau pihak keluarga agar membawa fotokopi kartu keluarga (KK) dan satu foto korban yang sedang tersenyum untuk proses identifikasi di Rumah Sakit Polri Kramat Jati.

“Informasinya, pihak DVI (Disaster Victim Identification) meminta satu salinan KK dan foto yang sedang tersenyum,” kata Tri saat ditemui di pusat krisis Lion Air JT 610 Bandara Halim Perdanakusuma, Selasa.

Ia mengatakan, petugas DVI di RS Polri hanya akan memperbolehkan keluarga dekat untuk mengidentifikasi korban.

“Keluarga dekat itu ibu, ayah, anak, ataupun istri/suami, bukan sepupu atau keponakan,” terang Tri.

Hingga Selasa siang, ia menambahkan, ada sekitar 26 kantong jenazah yang sudah dikirim ke RS Polri.

“Kita belum tahu bentuknya seperti apa, yang jelas sudah ada 26 kantong jenazah di RS Polri. Jumlahnya kemungkinan akan terus bertambah karena menunggu update (informasi terbaru) dari JICT Tanjung Priok dan pihak Basarnas,” jelas Tri.

Hingga Selasa siang sejak pesawat jatuh di Tanjung Karawang, Senin pagi, pihak pusat krisis melaporkan sebanyak 168 korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610, sudah diklaim oleh keluarganya.

Alhasil, ada 11 penumpang yang masih menunggu untuk dicari pihak keluarga atau kerabat.

Asisten Regional Manager Lion Air Group Lia Widianingsih mengatakan 11 korban itu merupakan penumpang dewasa, di luar awak kabin, pilot, dan kopilot.

Saat lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta, Senin pagi, pesawat Lion Air JT 610 mengangkut 179 penumpang terdiri atas satu anak-anak, dan dua bayi yang dipangku oleh keluarganya.

Sementara itu, penumpang lain diantaranya satu pilot, satu kopilot, enam pramugari aktif, dan tiga pramugari latihan (trainee).

Pesawat Lion Air JT 610 sendiri didesain untuk mengangkut 189 penumpang.

Baca juga: Tim SAR bawa satu kantong berisi serpihan pesawat
Baca juga: 101 anggota keluarga korban Lion JT 610 melapor ke Halim
Baca juga: Pendataan keluarga korban JT 610 dipusatkan di Halim


 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2018