Jayapura (ANTARA News) - Tim tuan rumah Persipura Jayapura berhasil menundukkan tamunya Persebaya Surabaya dengan skor akhir 3-1 dalam laga lanjutan Liga I di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Selasa sore.

Bermain di hadapan 10 ribu lebih penonton, tim Persipura Jayapura yang berjuluk Mutiara Hitam itu berhasil menggetarkan jala gawang Bajul Ijo, julukan Persebaya Surabaya yang dikawal kiper Miswar Putra.

Gol pertama pada menit kelima yang dilesakkan oleh kapten tim Boaz TE Solossa. Gol ini bertahan hingga turun minum.

Persebaya Surabaya bukan tidak punya peluang. Lewat kaki Irfan Jaya, Oktafianus dan Riky Kayame dibantu para pemain tengah dan belakang sempat memberikan ancaman berarti di gawang Persipura Jayapura yang dikawal kiper Dede Sulaiman.

Pada babak kedua, laga baru berjalan sekitar 12 menit, Marcio pemain tengah Persipura Jayapura berhasil menambah keunggulan timnya menjadi 2-0.

Selanjutnya, pemain Persipura U19 Gunansar Mandowen yang melepaskan umpan manis di dalam kotak pinalti yang disambut dengan tendangan terukur ke arah gawang oleh Hilton Moreira hingga berbuah gol pada menit 66.

Gol itu berawal dari aksi BV Telaubun yang menyisir dari posisi bek kiri kemudian melepaskan operan ke Gunansar di kiri depan.

Lalu, adik kandung dari Lukas Mandowen itu membawa bola ke dalam kotak penalti hingga melepaskan umpan silang ke?Hilthon yang tidak terkawal.

Sekali sontek, bolapun masuk untuk ketiga kalinya ke gawang Persebaya Surabaya. Skor sementara 3-0.

Namun, tidak berapa lama kemudian di kotak penalti Persipura terjadi insiden hingga menyebabkan wasit Aguz Fauzan asal Yogyakarta meniup tanda pelanggaran sembari menunjuk titik putih.

Marcio dinilai telah melanggar satu pemain Persebaya yang mencoba menyundul bola.

Penalti itu sempat menuai protes oleh skuad asuhan Osvaldo Lessa, namun wasit tetap pada pendiriannya.

Octavio Dutra yang menjadi eksekutor berhasil memperdayai kiper Dede Sulaiman pada menit 69, sekaligus memperkecil ketertinggalan menjadi 3-1.

Gol dari Octavio Dutra ini, merupakan gol terakhir, meskipun di kedua kubu sempat terjadi pergantian pemain.

Dengan hasil ini, Persipura Jayapura telah mengemas 38 poin dan masih bertengger di papan bawah atau pada peringkat sembilan pada klasemen sementara Liga I.

Sedangkan, Persebaya Surabaya yang dilatih Jajang Nurjaman juga belum bisa memperbaiki posisi 12 klasemen sementara.


Baca juga: Persipura siap libas Persebaya
Baca juga: Persija menang 2-1 atas tuan rumah Persipura
Baca juga: Persipura incar poin di kandang Madura United

(KR-ARG/A058)

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018