Raksasa pertambangan BHP merosot 0,93 persen dan saingannya Rio Tinto turun 0,39 persen. Woodside Petroleum naik 1,88 persen
Sydney (ANTARA News) - Pasar saham Australia dibuka lebih tinggi pada perdagangan Rabu pagi, menyusul reli di Wall Street semalam (Selasa) dan volatilitas yang lebih tinggi.

Pada pukul 10.38 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 14,8 poin atau 0,26 persen menjadi diperdagangkan di 5.819,9 poin dan indeks All Ordinaries yang lebih luas menambahkan 16,5 poin atau 0,28 persen pada 5.904,4 poin.

"Sentimen pasar berbalik karena ekuitas AS reli semalam dengan volatilitas intraday yang lebih tinggi. Sebagian besar indeks saham AS mengalami beberapa kenaikan kecepatan sebelum melonjak di sesi sore," analis pasar CMC Markets and Stockbroking, Jonathen Chan mengatakan dalam catatan pagi kepada investor.

"Kenaikan bergelombang" dalam saham-saham AS dapat mencerminkan optimisme menjelang pemilu sela AS awal bulan depan, sekalipun "volatilitas mungkin berlanjut sehingga sentimen investor bisa menjadi semakin sensitif terhadap setiap berita politik AS atau diskusi tentang perang perdagangan AS-China," kata Chan.

"Pasar berjangka menunjuk ke permulaan beragam untuk ekuitas Asia-Pasifik. Pasar saham Shanghai dan Hong Kong bisa memantul jika sentimen positif AS menyebar."

Hasil setahun penuh ANZ Bank diperkirakan mempengaruhi sesi perdagangan lokal karena investor menerima laporan keuangan utama penurunan lima persen dalam laba tunai setahun penuh menjadi 6,5 miliar dolar Australia (4,62 miliar dolar AS), mengutip "headwinds yang kuat dengan pertumbuhan perumahan melambat dan mengurangi kapasitas peminjaman".

ANZ Bank naik 0,59 persen pada pembukaan. Commonwealth Bank menambahkan 0,53 persen dan National Australia Bank lebih tinggi 0,28 persen sementara Westpac turun tipis 0,08 persen.

Raksasa pertambangan BHP merosot 0,93 persen dan saingannya Rio Tinto turun 0,39 persen. Woodside Petroleum naik 1,88 persen.

Wesfarmers dibuka 0,54 persen lebih rendah dan jaringan supermarket saingannya Woolworths turun 0,28 persen.

Raksasa telekomunikasi Telstra turun 0,32 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas bertambah 0,93 persen dan kelompok bioteknologi CSL turun 1,36 persen.
 
Baca juga: Bursa Australia melemah, indeks ASX 200 dibuka turun 19 poin

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2018