"Kawanan singa itu pasti dipimpin singa. Pemimpin korup ya lahir dari sebagian masyarakat yang korup."
Samarinda (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR RI Mahyudin berharap generasi muda dapat membangun integritas di tengah maraknya kasus korupsi yang membelit banyak pemimpin bangsa.

"Yang harus kita bangun adalah integritas," kata Wakil Ketua MPR Mahyudin saat melakukan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu

Dalam acara Sosialisasi Empat Pilar itu, politikus Partai Golkar itu menekankan pentingnya membangun integritas di tengah banyaknya tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini, contohnya korupsi.

"Kawanan singa itu pasti dipimpin singa. Pemimpin korup ya lahir dari sebagian masyarakat yang korup," ungkapnya.

"Ketika kita memilih pemimpin karena money politic itu ada dua masalah yang kita hadapi. Pertama mengakibatkan pemilihan itu sendiri berbiaya mahal. Yang kedua kita telah menciptakan atau memilih peminpin yang tidak memiliki integritas," imbuhnya.

Baca juga: Mahyudin sampaikan belasungkawa atas insiden Lion Air JT 610

Terakhir, Mahyudin kembali menekankan harapannya, terutama bagi generasi muda harapan bangsa, untuk membangun integritas sehingga mampu menghadapi tantangan bangsa seperti korupsi.

"Harapan saya kita bangun integritas di tengah masyarakat. Terutama generasi muda."

"Jangan hanya misalnya pandai berteriak antikorupsi ketika tidak memungkinkan bagi Anda untuk melakukan korupsi karena mahasiswa. Tetapi ketika Anda menjadi pemimpin, Anda harus jadi garda terdepan yang memerangi korupsi di bumi Indonesia ini," pungkasnya.(KR-KAT)

Pewarta: Katriana
Editor: Jaka Sugiyanta
Copyright © ANTARA 2018