Jakarta (ANTARA News) - Mozilla, perusahaan teknologi yang terkenal dengan peramban atau browser, meluncurkan nama baru untuk aplikasi yang semula bernama Firefox Rocket menjadi Firefox Lite.

“Nama baru ini agar lebih jelas dan pesannya pun lebih kuat. Firefox Lite merupakan versi mini dari peramban Firefox,” kata Kepala Produk Mozilla Asia, Joe Cheng, saat jumpa pers di Jakarta, Kamis.

Firefox Rocket sudah masuk ke Indonesia sejak tahun lalu, penggantian nama menjadi Firefox Lite tidak mengubah esensi aplikasi ini yang mengutamakan bobot aplikasi yang ringan, hanya 3,3MB, cepat dan hemat data internet.

Aplikasi yang berakhiran “Lite” umumnya dirancang untuk ponsel yang memiliki daya rendah sehingga memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan versi reguler. Ukurannya yang kecil ini menyebabkan Firefox lebih cepat dibuka karena tidak memerlukan daya yang besar, cocok digunakan untuk konsumen yang memiliki keterbatasan akses internet.

Nama baru Firefox Lite juga diharapkan lebih bisa dikenal masyarakat sehingga mereka tertarik untuk mengunduh dan menggunakannya.

Tidak hanya mengganti nama, Mozilla juga memperbarui tampilan Firefox Lite agar lebih modern dan warna yang lebih cerah.

“Supaya bisa memenuhi kebutuhan berselancar internet setiap hari,” kata Cheng.

Indonesia menjadi salah satu negara pertama yang mendapatkan Firefox Rocket saat aplikasi tersebut diluncurkan tahun lalu. Selain Indonesia, Mozilla juga menyediakan Firefox Rocket ini di India, Thailand dan Filipina.

Mozilla menilai Indonesia sebagai salah satu pasar utama bagi mereka karena pengguna internet di Indonesia sudah familiar dengan browser Firefox versi desktop.

Baca juga: Facebook buat Messenger Lite iOS

Baca juga: Instagram luncurkan versi Lite

Baca juga: Aplikasi Twitter Lite kini hadir di Indonesia

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018