Batam (ANTARA News) - Perusahaan yang bergerak dalam Sumber Daya Manusia, Total Human Resources (HR) mengembangkan aplikasi "Rumah Migran" untuk melayani tenaga kerja Indonesia dan calon TKI yang ingin bekerja di luar negeri sebagai tenaga formal.

CEO Total HR, Aulia Febrina di Batam, Kepulauan Riau, Kamis mengatakan aplikasi Rumah Migran memberikan berbagai informasi yang butuhkan oleh TKI dan calon TKI, melalui fitur-fiturnya, di mulai dari informasi lowongan kerja, hingga hiburan bagi pekerja migran.

"Kami menyadari kendala dialami pekerja migran dimulai proses awal perekrutan hingga pemulangan, keterbatasan dalam mengakses teknologi dan informasi yang diterima hingga kurangnya pemahaman tentang aturan dan persyaratan untuk bekerja di luar negeri," ucapnya.

Hal yang mengakibatkan mereka menghadapi risiko mudah tertipu oleh pihak-pihak yang tidka bertanggung jawab dan mengundang permasalahan lainnya, kata dia.

Rumah Migran merupakan startup digital yang terwadahi oleh Innovation Room, Kementerian Tenaga Kerja Indonesia. Dalam pengembangannya, Total HR berkolaborasi dengan Triple One Global yang merupakan perusahaan handal dibidang IT dan konten provider.

Ia mengatakan, permintaan bekerja di luar negeri terus meningkat seiring bertambahnya jumlah angkatan kerja di Indonesia. Hal itu menuntut setiap kalangan untuk mampu mengikuti perkembangan teknologi informasi.

"Selain mendukung pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran, semoga Rumah Migran dapat menghasilkan hal yang positif khususnya bagi pekerja migran Indonesia." kata dia.

Rumah Migran, diharapkan juga dapat mendorong terwujudnya pekerja migran Indonesia yang profesional, bermartabat dan sejahtera, serta dapat menjadi perlengkapan pendukung bagi para pihak, baik swasta maupun pemerintah untuk pengembangan pasar kerja dan perlindungan pekerja, khususnya luar negeri.

Di tempat yang sama, CEO TOG, Hizkia Aditya mengatakan Rumah Migran menghadirkan solusi dari berbagai kendala dengan fitur- itur yang telah dikembangkan seperti Fitur Jobs (lowongan kerja) yang menyediakan informasi lowongan kerja di luar negeri yang transparan, lengkap dan terpercaya.

Kemudian, juga ada "Fitur Find Nearby" yang dapat menghubungkan antar Pekerja Migran Indonesia dengan sesama pengguna lainnya untuk menambah relasi serta saling bertukar informasi.

"Fitur Chat" (obrolan), berkirim pesan kepada sesama pengguna dan keluarga, Fitur Translate (terjemahan) untuk mempermudah komunikasi para Pekerja Migran Indonesia di negara penempatan.

Serta fitur News (berita) agar dapat mengikuti perkembangan terbaru tentang kondisi Indonesia dan dunia, Tips dan Trik untuk menambah wawasan tentang pekerjaan di luar negeri dan juga pengembangan diri dan serta konten hiburan seperti video, musik dan lain sebagainya yang dapat dinikmati pekerja demi mencegah bosan.

Baca juga: Mandiri luncurkan aplikasi untuk buruh migran

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018