Presiden: Pemerintah terus dorong Indonesia subur "startup"

Presiden: Pemerintah terus dorong Indonesia subur "startup"

Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno (kedua kiri), Kepala Bekraf Triawan Munaf (kiri), Dirut Telkom Alex Sinaga (keempat kiri) dan Menteri Pariwisata Arief Yahya meresmikan The Telkom Hub di Jakarta, Kamis (1/11/2018). Presiden meminta seluruh BUMN untuk bergerak cepat seiring dengan perkembangan inovasi dan teknologi. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/aww.

Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah terus mendorong Indonesia agar pengembangan perusahaan "startup" dan ekonomi digital subur dilaksanakan di Tanah Air.
   
"Contoh nyatanya adalah bahwa kita sudah punya 'road map e-Commerce' Indonesia yang semuanya sudah dimulai untuk dijalankan," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya saat meresmikan kawasan The Telkom Hub di Jakarta pada Kamis malam.
   
Jokowi menjelaskan pemerintah berupaya mendorong tumbuhnya "unicorn-unicorn" baru atau startup yang berhasil.
   
Presiden berharap agar pemuda Indonesia dapat menjadi pembangun aplikasi digital yang bermanfaat bagi perekonomian masyarakat.
   
Dia menjelaskan potensi dunia digital Indonesia masih sangat besar dimana pengguna internet di Tanah Air sekitar 132 juta pengguna.
   
Selain itu, 130 juta orang pengguna media sosial dan bonus demografi yang kebanyakan pemuda milenial juga menjadi peluang untuk pengembangan usaha digital kedepan.
   
"Kita juga harus sadar bahwa ketersediaan 'talent digital' kita masih terbatas. Kebanyakan dari kita masih sebatas konsumsi teknologi digital, belum produksi," ujar Presiden.
   
Jokowi berharap agar jumlah masyarakat dapat mengembangkan 'startup' yang hingga September 2018 berjumlah 2.739 startup.
   
Kemunculan teknologi digital pun terjadi begitu cepat dan berpotensi mengubah tatanan lanskap ekonomi, sosial budaya hingga lanskap politik.
   
Presiden mengingatkan agar BUMN juga menggunakan peluang itu dengan cermat dan tepat sehingga tidak tertinggal dari negara lain.

Baca juga: Presiden resmikan kawasan The Telkom Hub
Baca juga: Presiden minta BUMN gerak cepat adaptasi perubahan
Baca juga: Presiden titip milenial gunakan media sosial baik

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Presiden minta jangan tergesa-gesa soal vaksin COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar