Inspirasi wisata dari perjalanan Meghan Markle di Selandia Baru

Inspirasi wisata dari perjalanan Meghan Markle di Selandia Baru

Meghan Markle bertukar salam hongi, ritual saling menempelkan hidung dengan lembut di saat yang bersamaan, di Selandia Baru. (HO/Tourism New Zealand)

Jakarta (ANTARA News) - Pangeran Harry dan Meghan Markle baru-baru ini menyelesaikan kunjungan kerajaan mereka ke Selandia Baru. 

Pasangan kerajaan Inggris ini menghabiskan empat hari yang penuh dengan kebudayaan, keindahan, dan sejarah di empat wilayah New Zealand, yaitu Wellington, Nelson Tasman, Auckland dan Rotorua. 

Ingin mengikuti wisata a la Meghan Markle dan Pangeran Harry? 

Tourism New Zealand dalam keterangan pers, Jumat, memaparkan catatan menarik dari perjalanan mereka, rekomendasi aktivitas di wilayah yang mereka kunjungi bagi Anda yang sedang mencari inspirasi lokasi berlibur.

1. Wellington 

Ibu kota Selandia Baru, Wellington, menjadi pemberhentian pertama Duke and Duchess of Sussex. 

Mereka mengikuti upacara penyambutan tradisional di Government House, di mana kedua anggota kerajaan ini bertukar salam hongi (ritual saling menempelkan hidung dengan lembut di saat yang bersamaan) dengan Gubernur-Jenderal Kaumtua dan Kuia (tetua Mori). 

Pangeran Harry dan Meghan Markle tidak ketinggalan mengunjungi Pukeahu National War Memorial untuk meletakkan karangan bunga di Tomb of the Unknown Warrior. 

Selain itu, pasangan ini juga mengunjungi UK War Memorial yang baru diresmikan untuk melihat patung pohon dari perunggu seukur aslinya yang dibuat oleh Weta Workshop dan terinspirasi dari dua pohon ikonis New Zealand, Royal Oak dan Pohutukawa.

Tips perjalanan: Kota ini memiliki berbagai sisi menarik untuk dijelajahi, mulai dari koleksi dan pameran di Museum New Zealand Te Papa Tongarewa hingga pemandangan menakjubkan dari puncak Gunung Victoria – yang dapat diakses dengan berjalan kaki atau naik bus. 

Wellington juga merupakan pusat industri film Selandia Baru, sehingga jangan lupa mengikuti tur "Wellywood" untuk mengunjungi berbagai lokasi syuting dan mampir ke Weta Workshop, studio desain yang mutakhir dan telah memproduksi berbagai film blockbuster seperti "Blade Runner 2049". 

Baca juga: Menelusuri wisata berhantu di Selandia Baru

2. Nelson Tasman

Di wilayah Abel Tasman, Pangeran Harry dan Meghan Markle mengunjungi Abel Tasman National Park di ujung barat laut Pulau Selatan. 

Wilayah pesisir ini terkenal akan pasirnya yang keemasan, airnya yang berwarna biru turquoise, dan hutannya yang berwarna hijau zamrud. 

Mereka disambut oleh perwakilan suku Mori setempat dan menikmati berjalan santai di Totaranui Beach. 

Ditemani oleh seorang penjaga taman, pasangan kerajaan ini mengetahui lebih lanjut mengenai sejarah hutan di Abel Tasman National Park, serta tantangan lingkungan dalam melindungi habitat taman nasional termuda Selandia Baru tersebut. 
 
Tips perjalanan: Nikmati pemandangan alam dengan bersepeda melewati Tasman’s Great Taste Trail atapun melakukan skydive di Abel Tasman National Park untuk melihat keindahan Pulau Utara dan Pulau Selatan.  

Baca juga: Inspirasi tempat wisata di selatan Selandia Baru


3. Auckland

Duke and Duchess of Sussex berkunjung ke Auckland untuk memberikan area konservasi seluas 20 hektar yang masih terjaga keasliannya kepada The Queen's Commonwealth Canopy. 

Mereka juga menyempatkan untuk turun langsung ke jalanan dan menyapa para penggemar yang berkumpul di Viaduct Harbour, sebelum menghadiri resepsi yang diselenggarakan oleh Perdana Menteri Jacinda Ardern di Auckland War Memorial Museum dan menikmati pertunjukan budaya dan hiburan yang dipersembahkan oleh para anggota komunitas Pasifika.
 
Tips perjalanan: Dari mengunjungi salah satu pulau indah di Hauraki Gulfhingga mendaki gunung berapi yang tidak aktif, Auckland menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. 

Coba lakukan bungy jumping di Sky Tower dengan pemandangan kota yang spektakuler, nikmati wisata perahu dengan dasar kaca di Pulau Goat, serta makan, minum, dan belanja sepuasanya di kota Auckland. 

Baca juga: Yang perlu diketahui sebelum berlibur ke Selandia Baru

4.Rotorua 

Pasangan kerajaan ini menghabiskan hari terakhir perjalanan mereka di Rotorua yang merupakan destinasi turis tertua di Selandia Baru. 

Mereka mengunjungi Te Papaiouru marae (tempat pertemuan komunitas Mori) untuk menerima sambutan formal dari tuan rumah suku Te Arawa Mori. 

Ada sebuah simbolis yang penting ketika tuan rumah memberikan hadiah korowai (jubah Mori)  kepada Duchess of Sussex untuk dikenakan di hinemutu (sebuah desa Mari di Rotorua) sebelum masuk ke area utama marae. 

Dengan melakukan ritual tersebut, Meghan Markle mengikuti jejak pengunjung kerajaan wanita sebelumnya, termasuk nenek Pangeran Harry, yaitu Ratu Elizabeth II yang pertama kali mengunjungi Rotorua pada 1954.
 
Pangeran Harry dan Meghan Markle juga mengunjungi Rainbow Springs kiwi Hatchery untuk belajar lebih lanjut mengenai program pengembangbiakan burung kiwi, dan bahkan mendapat kesempatan untuk melihat langsung dua bayi burung kiwi yang baru menetas 15 menit sebelum mereka tiba di lokasi. 
 
Sebelum mengakhiri perjalanan, Duke and Duchess of Sussex mengunjungi Redwood Forest, di mana mereka melakukan aktivitas layaknya turis di Redwoods Treewalk, yaitu naik ke kanopi Californian Redwoods yang berusia 117 tahun demi mendapatkan pemandangan terbaik dari puncak.
 
Tips perjalanan: Anda juga dapat menikmati rimbunnya pepohonan, serta melihat burung-burung dan hutan yang luas seperti Pangeran Harry dan Meghan Markle di Redwoods TreeWalk.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik seputar budaya suku Mori berikut  mitos dan legendanya dari Whakarewarewa Geothermal Valley di Te Puia.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Ratusan pencari suaka di Pekanbaru lakukan aksi damai

Komentar