Jakarta (ANTARA News) - Penyerang sekaligus kapten PSV Eindhoven, Luuk de Jong, mencetak gol semata wayang yang memastikan kemenangan timnya atas Vitesse Arnhem dengan skor 1-0 dalam laga pekan ke-11 Liga Belanda di Stadion Philips, Eindhoven, Belanda, Minggu dini hari WIB.

Gol tersebut, dicetak De Jong pada menit 69 dan merupakan torehan gol kesembilannya di Liga Belanda musim ini, demikian catatan pertandingan laman resmi liga.

Hasil itu bukan saja memantapkan posisi tim besutan Mark van Bommel di puncak klasemen dengan raihan 33 poin, tetapi juga menjaga catatan sempurna sapu bersih kemenangan pasukan Rood-witten di Liga Belanda musim ini. Sementara Vitesse (15) harus rela turun ke urutan ketujuh.

Kendati menguasai permainan sejak awal dan memiliki keuntungan jumlah pemain semenjak Danilho Doekhi diganjar kartu merah oleh wasit pada menit 14, peluang demi peluang yang dimiliki PSV tak kunjung membuahkan hasil.

Tak kurang dari empat percobaan tembakan yang dilepaskan Steven Bergwijn, Hirving Lozano dan Daniel Schwaab, masih bisa diselamatkan oleh penampilan gemilang Eduardo di bawah mistar gawang Vitesse dan kedudukan imbang tanpa gol bertahan hingga turun minum.

Tuan rumah akhirnya membuka keunggulan lewat gol sang kapten pada menit 68, dengan sepakan kaki kanan menyambut umpan silang kiriman Lozano.

Pada menit 87, Denzel Dumfries hampir membunuh pertandingan lebih awal untuk PSV, namun sundulannya menyambut umpan Lozano masih melambung di atas mistar gawang.

Baca juga: Diwarnai gol bunuh diri dan kartu merah, Ajax menangi De Klassieker

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Belanda:

PSV Eindhoven (4-3-3): Jeroen Zoet; Denzel Dumfries, Daniel Schwaab, Nick Viergever, Angelino; Pablo Rosario, Gaston Pereiro, Jorrit Hendrix; Hirving Lozano (Bart Ramselaar), Luuk de Jong, Steven Bergwijn (Donyell Malen)
Pelatih: Mark van Bommel

Vitesse Arnhem (4-3-3): Eduardo; Vyacheslav Karavaev, Danilho Doekhi, Jake Clarke-Salter, Max Clark (Alexander Buettner); Thulani Serero (Hilary Gong), Matus Bero, Navarone Foor (Rasmus Thelander); Martin Odegaard, Oussama Darfalou, Bryan Linssen
Pelatih: Leonid Slutsky

Pewarta: ANTARA
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018