Bukittinggi, Sumbar (ANTARA News) - Sebanyak 224 pebalap Tour de Singkarak (TdS) 2018 meninggalkan Kota Bukittinggi menuju Kabupaten Sijunjung dalam etape 1 yang akan menempuh jalur sepanjang 122,7 kilometer.

Sebelum menuju Kabupaten Sijunjung, ?para pebalab terlebih dahulu melintasi beberapa titik yang ada di Kota Bukittinggi dalam dua kali putaran.

"Kepada para pebalap selamat berlomba, yang pada etape 1 ini akan menempuh rute menuju Sijunjung," kata Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dalam sambutan pelepasan TdS di Bukittinggi, Minggu.

Hari pertama pelaksanaan TdS 2018 yang mengambil start dari Bukittinggi akan melewati beberapa daerah sebelum akhirnya finis di Kabupaten Sijunjung.

Untuk rute dalam kota yang dilalui mulai dari di Lapangan Kantin Bukittinggi kemudian menuju Panorama, Pasar Banto, Simpang Tarok, Simpang Tangah Jua, dan Simpang By Pass.

Selanjutnya menuju Baso, Tabek Patah, Sungai Tarab, Batusangkar, Istano Basa Pagaruyung, Saruaso, Sitangkai yang berada di Kabupaten Tanah Datar. Kemudian menuju Tanjung Ampalu, Jalan Lintas Sumatera dan finis di Gedung Pancasila Kabupaten Sijunjung.

Pada pelepasan tersebut, Ramlan berkomitmen untuk terus mendukung pelaksanaan even TdS karena kegiatan tersebut merupakan salah satu event kebanggaan Sumbar.

Pelaksanaan TdS ke-10 tahun 2018 ini diikuti oleh 26 negara yang terbagi dalam 21 tim. Dari 21 tim tersebut, 16 tim internasional dan 5 tim nasional. Seluruh pebalap ini nantinya akan menempuh jarak sejauh 1.267 kilometer yang dibagi dalam delapan etape.

Kelima tim yang berasal dari Indonesia adalah Advance CCC, KFC Racing Team, PGN Cyling Team, BRCC, dan Padang Road Bike Bank Nagari.


Baca juga: Balap sepeda Tour de Singkarak dimulai
Baca juga: Tour de Singkarak 2018 libatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

(KR-SHL/E009)

Pewarta: Syahrul Rahmat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018