Jakarta (ANTARA News) - Helm yang menjadi kebutuhan pokok bagi pengendara motor, mengharuskan mereka mempunyai helm yang cocok dan nyaman saat digunakan dalam kesehariannya di saat berkendara dan juga penting untuk mengetahui cara perawatan yang baik agar helm yang dimiliki mempunyai umur yang panjang nantinya.

Belajar Helm, salah satu komunitas yang perduli dengan pentingnya penggunaan helm dalam berkendara, memberikan sedikit tips untuk memilih dan merawat helm kesayangan kita.

Harga
Dilihat dari segi harga, untuk helm produksi lokal dan produksi luar mempunyai kekuatan dan kualitas yang berbeda, tentu saja harganya pun akan berbeda jika dibandingkan, harga untuk helm lokal berkisar di angka Rp200.000 hingga jutaan rupiah, sedangkan untuk helm impor  mulai dari harga Rp1 juta  hingga bahkan belasan jutaan rupiah.

Ukuran Helm
Ukuran yang sesuai dengan bentuk kepala menjadi tolak ukur yang sangat perlu diperhatikan, jadi kalau ukuran luar negeri itu sudah pasti pas ukurannya dengan kepala dari konsumen, namun yang harus diperhatikan dari produk lokal, harus diukur dengan benar agar tidak salah dalam membeli helm dan sesuai dengan ukuran kepala kita, jadi disarankan untuk coba langsung di toko.

Kekuatan
Kalau untuk kekuatan, pasti berbicara pada bagian batoknya,  kalau standar untuk balap itu minimal itu harus yang berlabelkan  DOT, SNELL, ECE  kalau helm sudah bersertifikasi, berarti itu otomatis harga helm tersebut mahal, jadi helam itu mahal karena sudah lolos dari sertifikasi dan standarnya sudah diakui  kekuatan dan kualitasnya.

Merawat Helm
perawatan helm ini mengharuskan kita membersihkan helm, jikalau ada debu di helm maka harus diseka terlebih dahulu debunya, setelah diseka baru diberi cairan salto, cairan ini aman untuk cat dengan bahan dasarnya adalah mineral, Belajar Helm meriset cairan Salto ini sampai 11 tahun lamanya, lamanya riset ini dikarenakan Belajar Helm ini ingin memberikan produk yang memang berkualitas tinggi. cairan ini dibandrol mulai dari 55 ribu - 135 ribu.

Pencucian Helm
Kondisi dari setiap kepala orang itu berbeda-beda, jadi menyikapinya juga harus berbeda. Biasanya orang itu ada yang berkeringat, ada yang gak terlalu berkeringat dan ada yang memakai balaclava, jika kita menggunakan balaclava itu biasanya lebih awet, biasanya sebulan sekali atau dua bulan sekali untuk pencucian keseluruhan. tapi kalau yang mempunyai keringat berlebih itu kan akan banyak bakteri nantinya minimal harus seminggu sekali untuk mencuci helm yang sering kita gunakan.

Baca juga: Belajar Helm: pentingnya memakai helm saat berkendara
Baca juga: Hari ini ada pameran sepeda motor, dongeng hingga kuliner
Baca juga: Deretan motor elektrik di IMOS 2018
Pewarta:
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2018