counter

Pilkada 2018

KPU: Partisipasi pilkada ulang Sampang 76 persen

KPU: Partisipasi pilkada ulang Sampang 76 persen

Ilustrasi kotak suara (ANTARA FOTO/ARI BOWO SUCIPTO)

Sampang (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang, Jawa Timur menyatakan, tingkat partisipasi pemilih pada pemungutan suara ulang 27 Oktober 2018 mencapai 76,5 persen.

"Data parsitipasi pemilih sebesar 76,5 persen ini berdasarkan data hasil rekapitulasi dan evaluasi petugas penyelenggara pemilu baik di tingkat kecamatan ataupun di tingkat desa," ujar anggota Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Sampang Miftahur Rozaq kepada Antara per telepon, Minggu malam.

Ia menjelaskan, persentase partisipasi pemilih di PSU 27 Oktober 2018 itu menurun dibanding partisipasi pemilih pada pilkada 27 Juni 2018.

Sebab, menurut Miftahur Rozaq, partisipasi pemilih pada pilkada sebelumnya mencapai 85 persen.

"Jadi, dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 767.032 orang 76,5 persen berpartisipasi menggunakan hak pilihnya dalam PSU Pilkada Sampang yang digelar 27 Oktober kemarin," katanya, menjelaskan.

Rozaq menilai, turunnya tingkat partisipasi pemilih pada coblos ulang karena masyarakat merasa jenuh menghadapi pesta demokrasi. Salah satu sampel kasus adalah yang terjadi di TPS 08 Desa Bunten Barat, Kecamatan Ketapang.

"Ketika kami bertemu dengan pemilih, mereka enggan untuk memilih karena dianggap sudah berkali-kali mencoblos sehingga merasa jenuh," tuturnya.

Sementara itu, pada pelaksanaan polkada ulang yang digelar 27 Oktober 2018 tersebut pasangan Calon Bupati Haji Slamet Junaidi dan Wakil Bupati Abdullah Hidayat ( "Jihad") unggul dibanding dua pasangan calon bupati dan wakil bupati lainnya.

"Berdasarkan hasil rekapitulasi yang baru saja kami lakukan, pasangan `Jihad` unggul 20 persen dibanding pasangan nomor urut 2, yakni pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Haji Hermanto Subaidi-Suparto," kata Ketua KPU Sampang Moh Syamsul Muarif, seusai rekapitulasi, di aula Hotel Campong, Sampang, Madura, Jawa Timur, Kamis sore.

Dia menjelaskan, nomor urut 1 adalah 61358 suara. Sesuai hasil rekapitulasi, Jihad meraih dukungan sebanyak 307.126 suara, sementara pasangan nomor urut 2 Hermanto Subaidi-Suparto ( "Mantap") meraih dukungan sebanyak 245.768 suara.

Berikutnya adalah pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati dengan nomor 3, yaitu Haji Hisan-Abdullah Mansyur, yakni mendapatkan dukungan 24.746 suara.

Baca juga: Polisi memperketat pengamanan pemungutan suara ulang Sampang
Baca juga: KPU-Bawaslu RI pantau langsung pilkada ulang Sampang
Baca juga: Pasangan "Jihad" unggul di pilkada ulang Sampang

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Polri siapkan tas ransel untuk angkut kotak suara di medan sulit

Komentar