Pemilihan lokasi Prudential Chairman's Challenge melihat dari data 3T dari Kementerian  Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.
Jakarta (ANTARA News) - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia), perusahaan yang bergerak dibidang layanan asuransi jiwa menghadirkan "Chairman's Challenge"  di daerah-daerah 3T (Terdepan, Tertingal, Terluar) melibatkan sukarelawan dari karyawan perusahaan.

"Terakhir kami menangani program Chairman's Challenge berlokasi di Kampung Mulyasari, Sentul, Kabupaten Bogor melibatkan 200 sukarelawan (volunteers) yang diselenggarakan sejak satu bulan lalu berkerja sama dengan Prestasi Junior Indonesia dan IPB," kata Corporate Communications & Sharia PT Prudential Indonesia, Nini Sumohandoyo di Jakarta, Minggu.

Nini mengatakan, pemilihan lokasi keiatan tentunya melihat data 3T dari Kementerian  Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi untuk mengetahui  gambaran awal lokasi yang akan dituju, setelah melalui proses survei barulah ditetapkan pelaksanaan program.

Nini mengatakan dari hasil survei ditemukan fakta, jumlah penduduk 250 orang menempati 43 rumah, 1 masjid, 1 sekolah setingkat MI (SD), 1 MCK 4 bilik, mayoritas berpendidikan rendah, mata pencarian petani kopi dan pekerja kasar (kuli) dengan penghasilan Rp30.000 per hari, akses sulit dijangkau (hanya bisa dilewati sepeda motor).

Kampung Mulyasari merupakan satu dari 20,432 kampung di Indonesia (21.6 persen dari total kampung  Nusantara) dengan pembangunan yang dinilai tertinggal (Buku Indeks Pembangunan Desa,  Bappenas). 

Nini mengatakan, untuk mengentaskan kampung yang lokasinya dekat dengan Provinsi DKI Jakarta dari ketertinggalan, beberapa permasalahan utama berusaha ditangani mulai dari pembangunan sekolah, penambahan dan perbaikan fasilitas MCK, penyediaan energi melalui pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), serta pelatihan bertani bagi masyarakatnya berkerjasama dengan IPB.

"Prinsip dari Chairman's Challenge yang kami jalankan, adalah mengajak masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan melalui pembekalan yang diberikan.  IPB mengajarkan cara bercocok tanam sayuran dan tanaman herbal termasuk mengolahnya sebagai tambahan penghasilan, kemudian juga cara mengemas produk kopi dan memasarkannya," ujar Nini.

Nini mengatakan, program Chairman's Challenge  dijalankan Prudential diberbagai negara untuk berkompetisi dibidang tanggungjawab sosial, Prudential Indonesia dalam beberapa tahun berturutan berhasil meraih penghargaan dalam ajang tersebut.

Chairman's Challenge sudah dijalankan sejak tahun 2016 mencari lolasi-lokasi daerah 3T di Indonesia, sebelumya perusahaan banyak menangani daerah-daerah bagian Timur Indonesia seperti Papua,  serta baru kali ini berlokasi di daerah dekat Jakarta.

Nini mengatakan, agar program tersebut dapat terus berkesinambungan setiap tiga tahun sukarelawan berama mitra kerja  ( Prestasi Junior Indonesia dan IPB) akan kembali melakukan monitoring untuk memastikan pelatihan yang diberikan sudah berjalan atau bahkan masyarakat justru menjadi lebih maju.

Sampai akhir tahun 2017 Prudential Indonesia sudah melayani lebih dari 2,3 juta nasabah yang didukung oleh lebih dari 277.000 tenaga pemasar berlisensi. 

Baca juga: OJK gandeng Prudential gelar kampanye literasi keuangan di Jakarta, Surabaya dan Medan

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2018