Sebanyak 70 persen pedagang UKM yang sudah tercatat di sekitar kawasan Meikarta sudah memakai sistem digitalisasi.
Jakarta (ANTARA News) - Pedagang usaha kecil dan menengah (UKM) di sekitar proyek Meikarta di Jalan Cibatu, Cikarang Selatan, kini mendapatkan fasilitas digital yang didukung OVO, platform pembayaran digital untuk memudahkan dalam bertransaksi.

"Layanan ini merupakan bagian dari program `Meikarta Peduli Warga Lingkungan` untuk mewujudkan akses digital kepada seluruh pedagang UKM di sekitar proyek kami," kata Presiden Direktur Meikarta, Reza Chatab di Jakarta, Senin.

Sebagai tahap awal, jelas Reza, program ini didukung oleh OVO, platform pembayaran digital terdepan di Indonesia, sebagai penyedia QR code yang mendukung pembayaran digital serta perangkat modem BOLT sebagai pelopor layanan 4G LTE di Indonesia, untuk menyediakan layanan internet gratis bagi para pedagang UKM.

Reza juga mengungkapkan program ini merupakan salah satu upaya untuk memberdayakan warga sekitar sekaligus mendukung misi mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang dapat mengakomodasi seluruh masyarakat.

"Saat ini, 70 persen pedagang UKM yang sudah tercatat di sekitar kawasan Meikarta sudah memakai sistem digitalisasi. Dengan memfasilitasi para pedagang UKM akses digital, maka warga bisa memajukan dan mengembangkan bisnisnya secara lebih cepat mengikuti perkembangan zaman," ujar Reza Chatab.

Selain itu, dengan keberadaan pembayaran digital, maka transaksi jual beli pada toko-toko tradisional akan bisa bersaing dengan toko ritel modern.

Transaksi akan mudah, cepat dan aman, sekaligus pedagang dan pembeli akan mendapatkan ragam promosi OVO yang sangat menguntungkan bagi kedua pihak.

Program ini merupakan inovasi Meikarta untuk mendorong perekonomian nasional dan mewujudkan kota modern Meikarta bagi masyarakat Indonesia.

Program ini akan terus berjalan seiring dengan pembangunan Meikarta yang terus bergeliat. Meikarta akan memberdayakan perekonomian warga mulai pemilik toko tradisional, warung makanan mulai penjual mie ayam, warteg, hingga bengkel kendaraan bermotor yang berada di sekitar proyek Meikarta.

Ke depannya, program ini diharapkan dapat menjadi solusi yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Tidak hanya menyediakan akses terhadap pembayaran digital dan internet gratis, program "Meikarta Peduli Warga Lingkungan" juga akan terus aktif mendampingi penduduk sekitar meningkatkan ekonomi, mensinergikan dengan perkembangan teknologi dan gaya hidup masyarakat modern, jelas Reza.

Baca juga: Laba bersih LPCK Kuartal III-2018 capai Rp2,90 triliun
 

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2018