Mengangkut durian dalam penerbangan itu merupakan hal yang biasa dilakukan oleh setiap maskapai ...
Jakarta (ANTARA News) - Sriwijaya Air menyatakan bahwa mengangkut durian dalam penerbangan tidak melanggar aturan. 

"Mengangkut durian dalam penerbangan itu merupakan hal yang biasa dilakukan oleh setiap maskapai sejauh dikemas dengan baik dan masuk ke dalam kargo sesuai dengan SOP,” kata   Senior Manager Corporate Communications Sriwijaya Air Group Retri Maya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa. 

Hal itu menanggapi pemberitaan Sriwijaya Air yang mengangkut durian dengan rute penerbangan Bengkulu ke Jakarta Senin (5/11). 

Disisi lain, adanya informasi yang menyebutkan bahwa jumlah durian yang diangkut Sriwijaya Air kemarin sebesar tiga ton, Maya memastikan bahwa itu tidak benar.

"Perlu diketahui bahwa kurang lebih tiga ton adalah jumlah total berat bagasi dan kargo, dimana didalamnya ada durian tersebut. Angka itu juga masih jauh dari kapasitas MTOW (maksimum untuk melakukan tinggal landas dan mendarat)," kata Maya.

Sriwijaya Air memastikan bahwa dalam setiap penerbangannya faktor keselamatan dan keamanan menjadi aspek yang sangat diperhatikan.

"Sesuai arahan dan kebijakan perusahaan, Sriwijaya Air tidak akan menerbangkan pesawat, apabila pesawat tersebut tidak layak dan membahayakan seluruh penumpang dan kru," kata Maya.

Baca juga: Sriwijaya Air masih berhitung beroperasi di Bandara Kertajati

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018