Tanah Datar, Sumatera Barat (ANTARA News) - Pebalap asal Australia Jesse Ewart (Team Sapura Cycling) merajai etape III balap sepeda Tour de Singkarak yang melintasi rute Kabupaten Solok-Tanah Datar, Selasa dengan merebut tiga jersey sekaligus.

Ewart menyelesaikan balapan sejauh 150,4km itu dengan waktu tercepat tiga jam 41 menit dan 49 detik sekaligus merebut jersey kuning sebagai pebalap tercepat di klasemen umum.

Peringkat dua balapan etape III diraih oleh pebalap Kolombia Edwin Arnulfo Parra Bustamante(Ningxia Sport Lottery - Livall Cycling team) dengan selisih waktu satu menit 37 detik disusul oleh Nikodemus Holler asal Jerman (Bike Aid) di peringkat tiga.

Selain merebut jersey kuning, Ewart juga merebut jersey hijau untuk kategori raja sprint dan jersey polkadot untuk kategori tanjakan (King of Mountain).

"Hari ini saya kira saya sedikit beruntung. Saya melakukan breakaway jadi saya memiliki start lebih depan hingga akhir balpaan... Jadi memisahkan diri dari pleton utama adalah strategi saya dan ternyata berjalan dengan cukup baik," kata Ewart.


Baca juga: Etape III susuri Danau Singkarak


Ewart akan berusaha mempertahankan tiga jersey yang dia raih hari ini di balapan etape IV yang akan menempuh rute Padang-Agam pada Rabu.

"Balapan besok akan lebih sulit...Saya tak tahu apakah bisa mempertahankan ketiga jersey ini besok... Saya akan berusaha melakukan yang terbaik," kata Ewart.

Muhammad Abdurrohman (tim KFC) merebut jersey merah putih di kategori pebalap Indonesia terbaik di etape III.

Hingga etape III, Thailand Continental Cycling Team masih memuncaki klasemen tim umum diikuti KFC Cycling Team dan Bike Aid.

Sementara untuk kategori tim Indonesia, KFC Cycling Team masih unggul di peringkat satu diikuti oleh PGN Road Cycling Team dan Advan Customs Cycling Team.

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018