Jakarta (ANTARA News) - Porto di ambang kelolosan menuju 16 besar Liga Champions usai menghantam Lokomotiv Moskow dengan skor 4-1 dalam lanjutan penyisihan Grup D di Stadion da Dragao, Porto, Portugal, Rabu pagi WIB.

Berkat kemenangan tersebut, tim yang ditangani Sergio Conceicao itu kini mengantongi 10 poin dan bercokol di puncak klasemen Grup D, sementara Lokomotiv yang masih nirpoin kian mantap sebagai juru kunci.

Dengan demikian, Porto hanya membutuhkan satu poin lagi di dua laga tersisa melawan FC Schalke (8) dan Galatasaray (4) untuk memastikan satu tempat di babak 16 besar.

Pemain pengganti Otavio melengkapi gol-gol pembuka yang dicetak Hector Herrera, Moussa Marega dan Jesus Manuel Corona dalam kemenangan Porto tersebut, sementara tim tamu membalas lewat Jefferson Farfan.

Laga baru berjalan dua menit ketika Herrera membuka keunggulan Porto setelah ia berlari kencang ke dalam kotak penalti demi menyambut umpan silang terukur dari Marega.

Laiknya tengah bermain pantun, Herrera membalas budi Marega dengan melepaskan umpan lambung melewati barisan pertahanan Lokomotiv yang disambut sepakan melengkung oleh penyerang Mali tersebut demi menggandakan keunggulan Porto tiga menit jelang babak pertama usai.

Tim tamu sempat memperkecil ketertinggalan mereka pada menit 59 ketika Farfan menaduk bola sepak pojok yang dilepaskan Aleksey Miranchuk.

Akan tetapi asa kebangkitan Lokomotiv segera dikubur oleh Porto yang merestorasi keunggulan dua gol mereka saat kiper Guilherme melakukan kesalahan umpan yang berhasil dimanfaatkan oleh Corona pada menit 67.

Otavio, yang baru masuk pada menit 68 menggantikan Yavine Brahimi, melengkapi kemenangan Porto menjadi 4-1 saat ia memanfaatkan kegagalan barisan pertahanan Lokomotiv menyapu bola sepak pojok.

Baca juga: Penalti Insigne bawa Napoli imbangi PSG 1-1

Baca juga: Brugge hancurkan tuan rumah Monaco 4-0


Susunan pemain seturut laman resmi UEFA:

Porto (4-3-3): Iker Casillas; Maxi Perreira, Felipe, Eder Militao, Alex Telles; Hector Herrera, Danilo Pereira, Oliver Torres (Sergio Oliveira); Jesus Manuel Corona (Hernani), Moussa Marega, Yacine Brahimi (Otavio)
Pelatih: Sergio Conceicao

Lokomotiv Moskow (4-4-1-1): Guilherme; Cladislav Ignatjev, Benedikt Hoewedes, Vedran Corluka, Brian Idowu; Anton Miranchuk, Igor Denisov, Grzegorz Krychowiak, Manuel Fernandes (Jefferson Farfan); Aleksey Miranchuk; Eder (Fedor Smolov)
Pelatih: Yuri Semin

Baca juga: Pelatih Red Star tetap sebut Liverpool kandidat juara

Baca juga: Kalah dari Red Star, Klopp kehabisan kata-kata

Pewarta: ANTARA
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018