Pemkab Halmahera Utara juga akan membangun rumah susun sewa (rusunawa) serta asrama mahasiswa Universitas Halmahera (Uniera) yang dibangun dengan kapasitas 90 kamar
Ternate, (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Utara, Maluku Utara (Malut) akan membangun sebanyak 650 unit bantuan Rumah Khusus dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Bupati telah menyerahkan 15 proposal berdasarkan permintaan dari Kementerian PUPR untuk bantuan pembangunan rumah khusus dan stimulan kepada perwakilan dari pemerintah pusat melalui Satker Provinsi Malut," kata Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Halmahera Utara, Said Badjak di Ternate, Rabu.

Pihaknya sedang menyiapkan pembangunan rumah tersebut di 17 kecamatan yang tersebar di Halmahera Utara pada 2019.
 

Tidak hanya itu, kata Said Badjak, pada 2019 Pemkab Halmahera Utara juga akan membangun rumah susun sewa (rusunawa) serta asrama mahasiswa Universitas Halmahera (Uniera) yang dibangun dengan kapasitas 90 kamar.

 "Lokasinya tersebar di Halmahera Utara, sedangkan asrama mahasiswa dibangun di lokasi kampus Uniera," ujarnya.

Pemberian bantuan Kementeian PUPR ini tidak terlepas dari tanggung jawab pemerintah daerah dalam hal kesiapan teknis, di mana kesiapan lahan menjadi syarat prioritas dari pembangunan bantuan Rumah Khsusus dan BSPS.

"Untuk kesiapan lahan, kami sudah siap semuanya tinggal menunggu proses pembangunannya," tambahnya.

Sementara untuk program penanganan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), pemkab sedang melakukan pendataan di seluruh desa pada 17 kecamatan.

"Kamis berharap camat dan kepala desa dapat bekerja sama dengan baik agar sehingga data yang dikumpulkan bisa diperoleh secara efektif untuk pelaksanaan program BSPS pada tahun berikutnya," kata Said Badjak.

Baca juga: Pemerintah siapkan Rp17,5 miliar untuk bangun rumah khusus di NTB
Baca juga: Perbaikan ratusan rumah warga perbatasan Indonesia-Malaysia
Baca juga: Kemen-PUPR bantu 222 rumah di Solok Selatan

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2018