Manfaatkan fitur-fitur di Facebook untuk komunitas

Manfaatkan fitur-fitur di Facebook untuk komunitas

Director Engineering Facebook, Renata Aryanti dalam sesi media gathering di Jakarta, Rabu (7/11/2018). (ANTARA News/Lia Wanadriani Santosa)

Jakarta (ANTARA News) - Berkeinginan atau bahkan sudah tergabung dalam Facebook Groups? Coba manfaatkan sejumlah fitur yang ada di sana untuk memudahkan anggota di komunitas Anda saling terhubung. 

Director Engineering Facebook, Renata Aryanti dalam sesi media gathering di Jakarta, Rabu, mengatakan sejumlah alat (tool) yang bisa para anggota grup manfaatkan, salah satunya Get Together. Fitur ini memungkinkan para anggota mengadakan pertemuan offline secara sederhana. 

Kreator bisa mengatur tanggal, waktu dan lokasi jika mereka belum mengetahui detil acara. Anggota lainnya juga dapat melihat unggahan acara, menyukai, memberikan komentar atau bergabung dalam satu grup itu. 

Selain itu, ada juga fitur Watch Party yang memfasilitasi anggota grup menonton video di Facebook dalam waktu bersamaan. 

Ada juga fitur Chat in Facebook Groups. Renata mengatakan, fitur yang baru-baru ini hadir itu membantu menghubungkan para anggota mengobrol di Messenger. 

"Chat di grup bisa soal berbagai topik," kata dia. 

Untuk para admin, setidaknya ada dua fitur yang bisa bermanfaat antara lain Group Announcements dan Subscription Pilot. Group Announcement membantu para admin membagikan berita hingga 10 pemberitahuan yang akan muncul pada halaman awal grup. 

Sementara Subscription Pilot memungkinkan para anggota bisa bergabung ke dalam grup dan mendapatkan akses ekskslusif untuk konten, termasuk video, tutorial dan saran dari admin dengan membayar biaya bulanan. 

"Admin penting untuk grup. Admin membutuhkan banyak energi dan waktu untuk mengelola grup. Ada fitur yang bisa dimanfaatkan, Subsciption Pilot," tutur Renata. 

Saat ini sudah lebih dari 1,4 miliar orang menggunakan Facebook Groups dan ada 1,8 juta akun grup yang aktif di Indonesia. 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar