Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menerima penyerahan surat-surat kepercayaan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) "Designate Resident" dan "Designate Non Resident" untuk Republik Indonesia dari 13 negara sahabat di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis.

Presiden Jokowi menyambut dan memimpin secara langsung upacara penyerahan surat-surat tersebut sekaligus menerima surat kepercayaan dari Dubes 13 negara untuk RI.

Kepala Protokoler Negara Andri Hadi di awal acara melaporkan dan memperkenalkan 13 dubes tersebut kepada Presiden Jokowi.

"Bapak Presiden yang kami hormati, perkenankanlah kami hadapkan 13 duta besar luar biasa dan berkuasa penuh dari negara-negara sahabat untuk menyerahkan surat-surat kepercayaan," katanya.

Sebanyak 13 duta besar tersebut, yakni Jan Sinkan (Duta Besar LBBP Designate Resident Republik Finlandia untuk RI), Marina Berg (Duta Besar LBBP Designate Resident Kerajaan Swedia untuk RI), Kurt Kunz Duta Besar LBBP Designate Resident Konfederensi Swiss untuk RI).

Selanjutnya Olivia Leslie (Duta Besar LBBP Designate Resident Republik Irlandia untuk RI), Dr Peter Schoof (Duta Besar LBBP Designate Resident Republik Federal Jerman untuk RI), Abdallah Suliman (Duta Besar LBBP Designate Resident Kerajaan Hasyimiah Yordania untuk RI), Gerardo Prato (Duta Besar LBBP Designate Resident Republik Oriental Uruguay untuk RI), Mehmed Halilovic (Duta Besar LBBP Designate Resident Bosnia dan Herzegovina untuk RI)

Akua Sekywa (Duta Besar LBBP Designate Non Resident Republik Ghana untuk RI berkedudukan di Kuala Lumpur-Malaysia), Makarimi Abissola Adechoubou (Duta Besar LBBP Designate Non Resident Republik Benin untuk RI berkedudukan di Tokyo-Jepang), Martha Mavronmati (Duta Besar LBBP Designate Non Resident Republik Siprus untuk RI berkedudukan di Canberra-Australia) dan Mayor Jenderal Lineo Poopa (Duta Besar LBBP Designate Non Resident Kerajaan Lesotho untuk RI berkedudukan di Kuala Lumpur-Malaysia).

Setelah upacara penyerahan surat-surat kepercayaan tersebut, Presiden Jokowi mengajak para duta besar tersebut untuk berbincang di serambi belakang Istana Merdeka dalam sesi Veranda Talk.

Pada kesempatan itu Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengajak bincang-bincang para duta besar 13 negara sahabat tersebut secara bergantian.
 
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sedang berbincang dengan Stephane De Loecker (Duta Besar LBBP Designate Resident Kerajaan Belgia untuk RI) di serambi belakang Istana Merdeka Jakarta, Kamis (8/11/2018). (Joko Susilo)

Baca juga: Dubes Kanada temui Jokowi bahas isu Palestina

Baca juga: Presiden Jokowi terima surat kepercayaan dubes 8 negara

 

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018