Penurunan laba lebih karena aksi hati-hati korporasi dengan melakukan pencadangan kerugian tahun ini
Jakarta (ANTARA News) - Citibank N.A Indonesia memperoleh laba bersih Rp1,4 triliun per  kuartal III 2018 atau turun 21 persen dibandingkan periode sama 2017 sebesar Rp1,9 triliun.

Chief Executive Officer Citibank N.A. Indonesia Batara Sianturi di Jakarta, Kamis, mengatakan  penurunan laba lebih karena aksi hati-hati korporasi dengan melakukan pencadangan kerugian tahun ini.

Sementara pada 2017, bank yang berkantor pusat di New York, AS itu menikmati menebalnya laba karena cadangan kerugian dikembalikan ke pendapatan.

"Yang dicadangkan enggak jadi dipakai, dibalikkan, sehingga membuat profit tahun lalu besar, dan karena dilakukan pada kuartal pertama jadi pengaruhnya pada kuartal II, III bahkan nanti sampai kuartal IV," katanya.

Menurut Batara, meski terjadi penurunan laba, kinerja Citibank masih relatif baik dan sejalan dengan rencana bisnis bank. Terlebih Citibank juga harus mengantisipasi tekanan dari  volatilitas pasar keuangan.

Pertumbuhan kredit Citibank hingga akhir kuartal III 2018 sebesar 22 persen (tahun ke tahun) menjadi Rp48,5 triliun, yang didorong oleh pertumbuhan pada lini bisnis perbankan institusional (institutional banking), yang didominasi pinjaman dari sektor keuangan, pertambangan, dan manufaktur.

Pertumbuhan kredit itu juga sejalan dengan dana pihak ketiga yang tumbuh 10 persen, sehingga rasio kredit ke pendanaan sebesar 76,5 persen.

Adapun rasio kewajiban penyediaan modal minimum (KPMM) sebesar 23,95 persen, sedangkan kualitas aset tercermin dari rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) yang sebesar 2,37 persen (gross) dan 0,70 persen (netto).

Menurut Batara, untuk semakin meningkatkan kinerja perusahaan, pihaknya akan fokus untuk mengembangkan layanan digital pada 2019 untuk menyasar perilaku konsumen perbankan yang sudah berubah.

"Tujuan akhir dari pengembangan digital banking adalah mewujudkan 100 persen transaksi bisa dilakukan melalui mobile banking," kata dia.

Baca juga: Citi Indonesia dukung penyelenggaraan Asian Para Games 2018
 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2018