Presiden panggil jajarannya sebelum berangkat ke KTT ASEAN

Presiden panggil jajarannya sebelum berangkat ke KTT ASEAN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas di Kantor Presiden Jakarta, Kamis, yang dihadiri sejumlah menteri terkait. (Hanni Sofia)

Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo memanggil jajarannya untuk mempersiapkan keberangkatannya dalam kunjungan kerja ke KTT ASEAN di Singapura dan KTT APEC di Papua Nugini dalam waktu dekat ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas di Kantor Presiden Jakarta, Kamis, yang dihadiri sejumlah menteri terkait.

"Sore ini akan dibahas mengenai persiapan kunjungan kerja Presiden ke KTT ASEAN di Singapura dan KTT APEC di PNG, Papua Nugini," kata Presiden Jokowi.

Pada kesempatan itu hadir Menkopolhukam Wiranto, Menko PMK Puan Maharani, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menlu Retno Marsudi, Menaker Hanif Dzakiri, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Kepala BKPM Thomas Lembong, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Setelah rapat terbatas, Menlu Retno Marsudi mengatakan Presiden akan memulai kunjungan kerja ke dua negara dalam rangka KTT Asean dan KTT lainnya.

"Judulnya KTT Lainnya karena memang ada beberapa KTT Lainnya kan ASEAN plus 1, ASEAN plus 3 dan sebagainya yang akan dimulai pada tanggal 13-15 November 2018," katanya.

Kemudian akan disambung dengan kunjungan kerja Presiden ke Port Moresby, Papua Nugini, yakni pada 17-18 November 2018.

Menlu Retno mengatakan sejumlah hal yang akan dibahas dalam KTT ASEAN di antaranya terkait presentasi Presiden Jokowi soal konsep Indopasifik, maritime fulcrum, dan negosiasi RCEP.

Sementara dalam KTT APEC di Papua Nugini, kata Retno, beberapa hal yang akan dibahas terkait ekonomi digital, dan masa depan APEC pasca-2020.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar