Sepeda bambu asal Indonesia gondol penghargaan Gold Award

Sepeda bambu asal Indonesia gondol penghargaan Gold Award

Bapak Singgih S. Kartono dari CV Pirani Works, Indonesia, meraih Good Design Gold Award pada acara penganugerahan di Tokyo pada 31 Oktober 2018 (Antara/BUSINESS WIRE)

TOKYO--(Antara/BUSINESS WIRE)-- Sepeda bambu Spedagi buatan CV Pirani Works, Indonesia, yang dipilih oleh ASEAN-Japan Centre (AJC: https:www.asean.or.jp/en) sebagai bagian dari programnya yang bertajuk “Good Design Award: ASEAN Design Selection”, meraih Gold Award pada acara penganugerahan Good Design Award 2018 di Tokyo pada 31 Oktober 2018. Good Design Award adalah salah satu penghargaan desain paling berpengaruh di dunia yang diselenggarakan oleh Japan Institute of Design Promotion (JDP), yang juga dikenal sebagai “G Mark”, simbol pengakuan dunia atas produk desain berkualitas.

Lihat rilis pers multimedia selengkapnya di sini: https://www.businesswire.com/news/home/20181107006035/en/

AJC, organisasi antar pemerintah ke-10 negara anggota ASEAN dan Jepang yang berbasis di Tokyo, memperkenalkan program regional berjangka waktu dua tahun “Good Design Award: ASEAN Design Selection” pada FY2017 untuk mempromosikan industri kreatif negara anggota ASEAN dengan menggandeng JDP. Program ini bertujuan untuk berbagi nilai-nilai “desain yang baik” sebagaimana diakui oleh Good Design Award bersama negara anggota ASEAN, dan menggunakan desain tersebut sebagai alat untuk memecahkan sebagian masalah ekonomi dan sosial serta berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan1. Ia juga bertujuan untuk mendorong usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal guna meningkatkan desain produk/jasa mereka untuk mengembangkan proposal bisnis yang menciptakan nilai baru dan mendapatkan wawasan ke pasar desain Jepang sehingga bisa meningkatkan daya jual produk/jasa mereka di Jepang.

Pada FY2017, Pusat ini mengutus anggota Komite Penilaian Good Design Award ke 10 negara anggota ASEAN untuk menggelar seminar dan lokakarya guna melakukan seleksi awal produk/jasa yang memenuhi serangkaian kriteria dan standar minimal untuk menjadi Good Design. Pada FY2018, kandidat yang terpilih di wilayah ASEAN menjalani proses seleksi akhir untuk tahap pemilihan di Tokyo. Alhasil, total 22 produk/jasa dianugerahi Good Design Award dari ke-261 kandidat dari ke-10 negara anggota ASEAN; dan sepeda bambu Spedagi buatan CV Pirani Works, yang menggondol Good Design Gold Award, termasuk salah satu di antaranya.2 Ke-22 produk/jasa tersebut juga dipamerkan di hall AJC.

Setelah menerima Gold Award, Bapak Singgih S. Kartono, desainer sepeda tersebut berkomentar kalau ia bangga meraih penghargaan bergengsi ini; dan pertimbangan atas masyarakat lokal/desanya serta lingkungan merupakan motivasi utama desain produknya, yang sejalan dengan nilai-nilai “desain yang baik” oleh JDP, dan dianggap sangat terevaluasi. Melalui program ini, AJC mendukung UMKM ASEAN atas industri kreatif mereka serta menginspirasi generasi saat ini dan mendatang untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan melalui upaya desain.

Untuk informasi selengkapnya tentang produk/jasa yang meraih Good Design Award: ASEAN Design Selection, silakan klik laman web AJC di https://www.asean.or.jp/en/trade/introduce/creativeind2017_summary/.

ASEAN-Japan Centre

ASEAN-Japan Centre adalah organisasi antar pemerintah yang didirikan oleh negara anggota ASEAN dan Jepang pada tahun 1981. Ia telah mempromosikan ekspor dari wilayah ASEAN ke Jepang sambil merevitalisasi investasi, pariwisata serta pertukaran orang antara negara anggota ASEAN dan Jepang.
URL: https://www.asean.or.jp/en/

1 AJC telah mengarusutamakan konsep pembangunan berkelanjutan, yang mendasari kerangka pembangunan global setelah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) diadopsi oleh PBB pada September 2015, untuk semua aktivitasnya.

2 Setelah proses seleksi 4.789 peserta, total 1.353 karya peraih penghargaan dipilih, termasuk 238 karya dari manca negara. Di antara karya peraih penghargaan tersebut, yang mendapat evaluasi tinggi dari para juri terpilih sebagai "Good Design Best 100" dan dianggap sebagai desain model masa depan. Gold Award diberikan kepada 19 karya terbaik di antara Good Design Best 100.
 
Lihat versi aslinya di businesswire.com: https://www.businesswire.com/news/home/20181107006035/en/

Kontak

ASEAN-Japan Centre
Junko Nukiyama
TEL +81-3-5402-8118
FAX +81-3-5402-8003
E-mail: toiawase_ga@asean.or.jp
1F, Shin Onarimon Bldg., 6-17-19 Shimbashi,
Minato-ku, Tokyo 105-0004 Japan

Sumber: The ASEAN-Japan Centre

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta:
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar