Semarang (ANTARA News) - Pemuda Pancasila Jawa Tengah menyatakan bersikap netral dan mengedepankan persatuan bangsa pada Pemilihan Umum 2019.

"Banyaknya anggota yang berlatar belakang politikus dari berbagai partai politik justru sebagai sarana pemersatu sehingga kami bersikap netral dalam menghadapi Pemilu 2019," kata Kepala Bidang Kaderisasi Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Jateng Windo Wijakso di Semarang, Kamis.

Ia menegaskan bahwa Pemuda Pancasila Jateng mengambil peran sebagai garda depan dalam menjaga nilai-nilai Pancasila serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia menjelang tahun politik kedepan.

Hal tersebut dilakukan Pemuda Pancasila Jateng karena saat ini nilai-nilai Pancasila di masyarakat sudah mulai luntur dan maraknya berita bohong (hoaks), serta ujaran kebencian di berbagai media sosial yang sangat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

"Kami ingin membuat suasana kondusif pada tahun politik ini," ujarnya.

Kepala Bidang Ideologi, Politik dan Pemerintahan MPW Pemuda Pancasila Jateng Willy Sigarlaki menegaskan bahwa seluruh anggota Pemuda Pancasila akan bersikap netral pada pemilu mendatang dan siap berhadapan dengan pihak manapun yang mencoba merongrong Pancasila.

Sebagai realisasi dari komitmen tersebut, Pemuda Pancasila Jateng akan melaksanakan tapak tilas Pancasila Abadi Pemuda Pancasila dan Deklarasi NKRI Harga Mati dari Kantor Gubernur Jateng, Jalan Pahlawan Semarang, menuju Markas Komando MPW Pemuda Pancasila Jateng di Ruko Citra Grand Sambiroto Semarang.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Minggu (11/11) itu juga sebagai peringatan Hari Sumpah Pemuda, Hari Jadi Pemuda Pancasila dan Hari Pahlawan.

Pada serangkaian tapak tilas tersebut juga akan dilaksanakan pembaretan terhadap 5.000 anggota baru Pemuda Pancasila Jateng.

Baca juga: Pemuda Pancasila temui Presiden Jokowi
Baca juga: Pemuda Pancasila tawarkan konsep percepatan pembangunan

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2018