Jakarta  (ANTARA News) - BUMN bidang alat pertahanan PT Pindad menggandeng Czechoslovak Group mengenalkan sebuah kendaraan tempur terbarunya berjenis panser hasil kerja sama dengan Negara Ceko.

Panser ini merupakan hasil pengembangan Panser Steyr Pandur II 8×8 produksi perusahaan pertahanan asal Ceko, Czechoslovak Group (CSG).

General Manager Special Vehicle PT Pindad Agus Edy Suprihanto di Jakarta, Kamis mengatakan hingga kini panser terbaik yang diproduksi Pindad adalah APS-3 Anoa yang merupakan panser 6×6 alias enam roda saja. 

"Panser 8×8  memiliki karakteristik yang berbeda dengan panser 6×6, khususnya dalam pengembangan untuk memasang canon kaliber 105. Kelebihan panser ini mampu ‘berenang’ layaknya kendaraan amphibi sekaligus  mempunyai kemampuan mobilitas yang tinggi (high mobility)," katanya.

Pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Ceko untuk memproduksi panser 8×8 sehingga diharapkan tidak hanya  produksi, tapi transfer of knowledge bagi Pindad menjadi sangat penting khusunya dibidang kendaraan 8×8.

"Panser ini mampu bawa pasukan lebih dari 12 orang. Yang jelas untuk infanteri kaliber 30 mm itu yang pertama kali kita lakukan," katanya disela-sela  pameran industri pertahanan "Indo Defence 2018 Expo & Forum" di JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Panser tersebut masih berupa purwarupa atau prototype saja dan belum diproduksi secara massal. 

Dia optimistis Pindad mampu memproduksi panser tersebut di dalam negeri dan diharapkan dapat dilakukan dalam waktu dekat.

Proses kerja sama antara CSG dengan pihak TNI telah terjalin sejak 2016 lalu. Pandur II 8×8 adalah satu di antara tiga produk CSG yang sudah dibeli TNI pada saat itu yang pembeliannya disertai dengan kesepakatan alih teknologi  antara kedua negara.

"Dalam realisasinya kami 'join production'. Dari sisi kematangan desain sudah ada di pihak CSG. Untuk kebutuhan di Indonesia Pindad produksinya di bawah supervisi dari pihak CSG. Kemudian navigasinya kita bisa saat ini untuk infanteri menggunakan senjata kaliber 30 mm," ujarnya.

Proses pembuatan panser tersebut membutuhkan waktu cukup lama karena untuk mendatangkan komponen utama bisa menghabiskan waktu sampai 9-11 bulan. Oleh karena itu, produksinya sangat bergantung pada "supply chance".

“Ini tahun pertama, tahun kedua akan lebih pendek lagi waktunya karena strategi supply chance nya akan lebih mudah. Kita sudah pesan dua tahun misalnya untuk konsep produksi sehingga kemudahan untuk merakit ditahun kedua akan lebih cepat," terangnya.

Sementara itu, Direktur Operasional CSG Indonesia Ashar Sjarfi menyerahkan nama panser itu sepenuhnya kepada Pindad. "Namanya belum diresmikan oleh Pindad, basisnya adalah Pandur II 8×8 dari Ceko yang sudah dikembangkan bersama Pindad dari 2016," ujarnya.

Baca juga: Pindad luncurkan alat berat khusus area berair
Baca juga: Pindad pamerkan Panser Anoa di IBD Expo 2018

Pewarta: Subagyo
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2018