Jakarta (ANTARA News) – Gaya berpakaian menjadi cara seseorang mengekspresikan kepribadiannya. Penata gaya Alva Susilo mengatakan bahwa agar seseorang dapat tampil maksimal dalam berpakaian harus memerhatikan perencanaan dalam berpakaian, pakaian dasar yang harus dimiliki seseorang, pola dan warna, hingga sentuhan akhir. 

“Tips pertama itu perhatikan pakaian apa yang akan digunakan dalam sebulan. Bila belum bisa sebulan, cobalah mulai dari seminggu atau dua sampai tiga hari sehingga tidak perlu mengobrak-abrik lemari pakaian,” ujar Alva saat berbincang dalam gathering “Shopee 11.11 Big Sale Fashion Day” di Jakarta, Kamis. 

Tips kedua, sambungnya, sebagus apapun pakaian Anda kalau terlihat kusut, kusam, dan banyak noda itu tidak akan terlihat keren. 

“Tips ketiga, usahakan memiliki kemeja putih. Anda dapat menciptakan banyak look dengan memadukan dengan bawahan atau outer, dan lain sebagainya,” imbuh Alva. 

Fashion Stylist dari aktris Prilly Latuconsina itu menyarankan agar para perempuan memiliki strap sandals yang bisa digunakan dalam segala acara dan mudah untuk mix and match-nya. 

“Tips kelima, pilih pakaian yang menonjolkan siluet badanmu, entah itu pinggang, tangan, atau kaki. Orang itu akan fokus pada keunggulan bagian tubuhmu,” tutur Alva. 

Tidak ada yang salah dengan warna hitam dan putih, lanjutnya, sehingga berinvestasilah pada pakaian dan celana berwarna hitam dan putih. 

“Tips ketujuh, pasangkan baju berwarna terang dengan bawahan berwarna netral, style seperti ini membantu kamu menciptakan ilusi badan lebih terlihat tinggi,” ungkap Alva.

Selanjutnya, ia menyarankan agar memadukan pakaian bergambar (print) dengan pakaian motif garis-garis, sehingga Anda dapat menggunakan bermacam motif tanpa terlihat berlebihan. 

“Tips kesembilan, pasangkan pakaian bermotif terang dengan yang bermotif agak terang untuk memberikan statement look,” tutur fashion stylist Titi Kamal. 

Bagi Anda yang menyukai tampil gombrong, sambung Alva, tambahkan lapis pakaian kamu yang lebih gombrong atau panjang dengan pakaian ketat atau pendek untuk menciptakan layering look. 

“Gunakan tas yang bisa menjadi tas genggam maupun tas selempang sehingga kamu bisa menciptakan tampilan yang berbeda untuk acara berbeda,” ujar Alva untuk tips tampil keren yang kesebelas. 

Baca juga: Shopee siapkan game baru untuk festival belanja 11.11

Baca juga: Digital Fashion Week 2018 angkat desainer independen Indonesia mendunia

Pewarta: Anggarini Paramita
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018