Ciptakan sejarah, 50 perusahaan catatkan saham perdana pada 2018

Ciptakan sejarah, 50 perusahaan catatkan saham perdana pada 2018

Layar elektronik pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Pencatatan saham perdana perusahaan pada tahun ini terbanyak sejak privatisasi bursa yakni pada 1992
Jakarta (ANTARA News) - Bursa Efek Indonesia (BEI) menyampaikan bahwa sepanjang 2018 sebanyak 50 perusahaan telah resmi mencatatkan saham perdananya sekaligus menjadi sejarah baru bagi industri pasar modal di Indonesia.

"Pencatatan saham perdana perusahaan pada tahun ini terbanyak sejak privatisasi bursa yakni pada tahun 1992 lalu," papar Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna di Jakarta, Jumat.

Ia mengemukakan saham PT Dewata Freightinternational Tbk menjadi perusahaan tercatat ke-50. Emiten yang memiliki kode perdagangan efek DEAL, bergerak di bidang pengiriman kargo.

Yetna menambahkan BEI optimistis jumlah perusahaan tercatat pada 2018 akan terus meningkat. Saat ini terdapat 14 perusahaan potensial pada rencana (pipeline) pencatatan BEI.

"Pencapaian jumlah perusahaan tercatat ini tentunya tidak lepas dari dukungan pemerintah untuk menciptakan iklim ekonomi yang kondusif, serta dukungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memicu perusahaan memanfaatkan pasar modal dalam pengembangan usaha," katanya.

Ia mengatakan BEI pun senantiasa berkomitmen untuk mendorong peningkatan jumlah perusahaan tercatat dengan berbagai upaya, termasuk berinteraksi dan secara langsung berperan aktif untuk mendatangi kantong-kantong kewirausahaan di berbagai daerah di Indonesia.

"Salah satu komitmen BEI untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai opsi pendanaan bagi perusahaan melalui pasar modal, yaitu melalui edukasi dan go public dalam bentuk workshop maupun one-on-one meeting," paparnya.

Ia menyampaikan BEI telah melakukan one-on-one meeting dengan kurang lebih 350 perusahaan baik swasta, BUMN, BUMD maupun entitas anak perusahaan pada 2018.

Baca juga: BEI sebut 78 persen emiten bukukan laba bersih
Baca juga: BEI targetkan transaksi harian saham Rp9 triliun pada tahun depan

 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar