Pahlawan menurut aku seseorang yang bisa berguna buat orang lain. Di titik itu, dia juga enggak memikirkan dirinya sendiri
Jakarta (ANTARA News) - Bagi Maudy Ayunda pahlawan bukan hanya orang yang berjuang merebut kemerdekaan. Namun pahlawan masa kini adalah orang yang berbuat positif bagi kebaikan banyak orang.

Dalam rangka memperingati hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November, pelantun "Tiba Tiba Cinta Datang" itu mengemukakan pendapatnya tentang arti pahlawan yang relevan dengan zaman sekarang.

"Pahlawan menurut aku seseorang yang bisa berguna buat orang lain. Di titik itu, dia juga enggak memikirkan dirinya sendiri," kata Maudy saat berbincang dalam acara "Indonesian Womens Forum 2018" di Jakarta, Jumat.

Bagi Maudy, sebutan pahlawan tidak hanya diberikan untuk orang yang mengorbankan nyawanya demi kemerdekaan. Maudy mengatakan bahwa banyak di sekitar kita yang pantas disebut sebagai pahlawan.

"Maka dari itu pahlawan tuh bisa siapa pun, ibu bisa jadi pahlawan, bapak bisa jadi pahlawan, orang tua bisa menjadi pahlawan, apalagi orang-orang yang berbuat positif dalam skala yang paling besar," ujar bintang utama film "Perahu Kertas" itu.

Jiwa kepahlawanan juga ada di setiap orang. Yang terpenting menurut Maudy, cara seseorang memberikan apa yang dimiliki tanpa pamrih bisa disebut pahlawan.

"Jadi kepahlawanan itu ada di setiap orang. Itu ada di sisi kita yang memberikan kepada orang lain tanpa mengharapkan sesuatu atau imbalan," ujar gadis kelahiran 19 Desember 1994 itu.


Baca juga: Rencana Maudy Ayunda untuk lima tahun mendatang

Baca juga: Hindari junk food, Maudy Ayunda perbanyak buah

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2018