Bandung,  (ANTARA News) - Sekitar 25.000 peserta turut meramaikan acara gowes sepeda santai bersama Presiden Joko Widodo yang digelar di halaman depan Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu.

Acara digelar oleh Kodam III/Siliwangi ini, sebagai rangkaian kegiatan memperingati hari Pahlawan 10 November 2018 di Kota Bandung.

Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Besar Harto Karyawan mengatakan, acara bertajuk Bandung Lautan Sepeda ini sebagai sarana perekat silaturahmi antara instansi pemerintah dan masyarakat.

"Acara ini juga perekat sosial sebagai antar komunitas sepeda," tambah dia.

Presiden Joko Widodo yang memakai pakaian veteran perang coklat-coklat bertindak sebagai pelepas kegiatan gowes. Presiden juga bertindak sebagai pemimpin pesepeda bersama para menteri dari kabinet kerja.

Sebelum menggelar acara sepeda santai, presiden melaksanakan upacara di taman makam pahlawan. Dalam kegiatan tersebut Jokowi juga melakukan proses penghormatan tabur bunga di makam pahlawan nasional, Nurtanio.

25.000 pesepeda dari berbagai komunitas itu telah memenuhi halaman Gedung Sate hingga depan Gedung Geologi Bandung sejak subuh hari.

Peserta mengikuti sepeda santai dengan menempuh jarak 13 Km dengan mengambil start dari depan Gedung Sate Jalan Diponegoro melewati rute Jl. Ir. Djuanda, Jl. Merdeka, Jl. Lembong, Jl. Tamblong, Jl. Asia Afrika dan Jl. Sudirman.

lalu, Jl. Gardujati, Jl. Pasir Kaliki, Jl. Pasteur, Jl. Cihampelas bawah, Jl. Wastu Kencana, Jl. Purnawarman, Jl. Ranggagading, Jl. Sawunggaling, Jl. Tamansari, Jl. Cikapayang, Jl. Surapati, Pusdai dan berakhir Jl. Diponegoro Gd. Sate.

Baca juga: Presiden berdandan ala pejuang kemerdekaan saat "gowes" sepeda
Baca juga: Jusuf Kalla pimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2018