Solo, Jawa Tengah  (ANTARA News ) -  Kontingen cabang pencak silat Bali bertekad tampil sebagai juara umum Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil)  III di Solo setelah meloloskan semua wakil di enam nomor yang dipertandingkan, Sabtu.

Keenam nomor tersebut adalah tunggal putra (I Gusti Ngurah Agung Nugraha),  tunggal putri (Ni Ketut Utari),  ganda putra (I Gusti Ngurah Agung Nugraha/I Komang Alit Sedana Yoga),  ganda putri (Ni Ketut Utari/Putu Cincin Cindra Dewi),  beregu putra (Made Aldi/I Wayan Raditya/Wayan Dedi Ekayana),  dan beregu putri (Ni Made Mega Sri Wahyuni/Ni Made Sri Daning Aminarti/Ni Kadek Wijayanti).

"Saingan terberat kami adalah kontingen yang secara tradisional memang kuat,  yaitu Jawa Tengah dan Yogyakarta,"  kata pelatih tim silat seni Bali, I Nyoman Lasia di arena pertandingan di Hotel Lorin.
   
Menurut Nyoman, meski kontingen Bali tidak mengirim kontingen dalam dua tahun terakhir,  hal tersebut tidak menyurutkan tekad mereka untuk mendominasi cabang silat,  terutama di nomor seni.
    
Absen di Popwil sebelumnya diakui Nyoman ikut membuat para atlet jadi kehilangan momen dan mengalami kesulitan untuk memantau kekuatan kontingen lain.
    
"Eforia sukses Asian Games juga dirasakan oleh atlet pelajar di Bali,  mereka tambah bersemangat menjadi atlet," katanya.
     
Selain pencak silat, Bali yang mengirim 104 atlet dan ofisial juga akan mengandalkan basket dan bola voli untuk meraih medali.
   
Popwil II dan III yang akan berlangsung sampai 12 November mendatang,  mempertandingkan delapan cabang,  yaitu sepak bola,  sepak takraw,  bola basket,  bola voli,  tenis, pencak silat, tenis meja dan bulu tangkis.
   
Popwil merupakan babak kualifikasi menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) yang akan digelar di Papua pada 2019 mendatang.
   
Berbeda dengan penyelenggaraan Popwil yang disesuaikan dengan wilayah masing-masing,  Popwil II dan III digabung demi efisiensi anggaran.

Baca juga: Sebanyak 1.800 atlet pelajar berlaga pada Popwil di Solo
    
Berikut adalah pembagian wilayah Pekan Olahraga Pelajar :
Wilayah I
1.  Aceh
2.  Sumatra Utara
3.  Sumatera Barat
4.  Riau
5.  Kepulauan Riau
6.  Kep. Bangka Belitung
7.  Jambi
Wilayah II
1.  Lampung
2.  Sumatera Selatan
3.  Bengkulu
4.  DKI Jakarta
5.  Jawa Barat
6.  Kalimantan Barat
Wilayah III
1.  Banten
2.  Jawa Tengah
3.  DI. Yogyakarta
4.  Bali
5.  Kalimantan Tengah
6.  Kalimantan Selatan
7.  Kalimantan Utara
Wilayah IV
1.  Sulawesi Selatan
2.  Sulawesi Tenggara
3.  Sulawesi Barat
4.  Kalimantan Timur
5.  Jawa Timur
6.  Nusa Tenggara Barat
7.  Nusa Tenggara Timur
Wilayah V
1.  Papua Barat
2.  Papua
3.  Sulawesi Utara
4.  Sulawesi Tengah
5.  Maluku
6.  Maluku Utara
7.  Gorontalo

Baca juga: Hujan deras ganggu pertandingan basket Popwil Solo
 

Pewarta: Atman Ahdiat
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2018