Kami terus berkoordinasi dengan Dekranasda Babel untuk bagaimana supaya acara ini dipersiapkan dengan baik
Jakarta (ANTARA News) - Pameran bertajuk "Stunning of Bangka Belitung" yang akan digelar di Gedung Smesco pada Desember 2018 mempromosikan produk UKM unggulan Provinsi Babel.

Direktur Utama Smesco Indonesia Emilia Suhaimi di Jakarta, Sabtu, mengatakan pameran tersebut salah satunya akan memperkenalkan sumber daya alam utama yang dimiliki Provinsi Babel.

“Kami terus berkoordinasi dengan Dekranasda Babel untuk bagaimana supaya acara ini dipersiapkan dengan baik,” kata Emilia.

Emilia Suhaimi mengatakan saat ini persiapan acara sudah dilakukan dengan baik.Rencananya dalam pameran Stunning of Bangka Belitung juga akan diperkenalkan kain cual sebagai warisan budaya Bangka Belitung yang memiliki keindahan tersendiri.

Kain cual menjadi kebanggaan masyarakat Bangka dan kini telah menjadi seragam di beberapa Sekolah Dasar dan kantor-kantor pemerintahan di daerah penghasil timah itu.
Kain cual memiliki beberapa motif, seperti motif kembang gajah, bunga cina, naga bertarung, dan burung hong. 

Beberapa motif kain cual ada yang dibuat dengan menggunakan benang sutra dan bahkan ada yang dibuat dengan benang emas 18 karat.

Harga jual kain cual sangat bervariasi mulai dari Rp50.000 hingga jutaan rupiah tergantung dari motif dan bahan kain. Jenis kain yang termahal adalah kain songket cual dengan harga sehelai kain ini mencapai Rp15 juta.

“Saya rasa acara yang bertajuk budaya daerah seperti inilah yang akan menjadi daya tarik bagi pengunjung. Mereka pasti akan terhibur dan senang kalau menjadi bagian dari acara ini,” paparnya.

"Stunning of Bangka Belitung" bakal menghadirkan beragam acara menarik lainnya, seperti musik gambus, demo masak, pencak silat, barongsai, hingga fesyen show. 

Baca juga: Tekuluk ditetapkan jadi ikon dalam "Promosi Jambi"

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2018