Jakarta (ANTARA News) - Dalam rangka  menyambut hari pahlawan, layanan streaming Netflix menayangkan film biopik "Guru Bangsa Tjokroaminoto" secara internasional. Demikian keterangan resmi dari MSH yang diperoleh Antaranews, Minggu.

“Dengan tayangnya film 'Guru Bangsa Tjokroaminoto' ini pada layanan Netflix diharapkan masyarakat dunia dapat lebih mengenal sejarah dan kebudayaan bangsa Indonesia serta sosok dan semangat HOS Tjokroaminoto tentunya,” ungkap Nayaka Untara selaku Produser MSH Films.

Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto atau dikenal juga sebagai HOS Tjokroaminoto merupakan sosok yang memimpin organisasi Sarekat Islam hingga menjadi organisasi terbesar pertama dengan anggota sebanyak 2 juta orang yang berasal dari berbagai kalangan kelas sosial. 

Dia juga merupakan guru para pemimpin pergerakan nasonal, seperti Sukarno, Semaoen, Alimin dan Moesso.

“Semangat dan nilai-nilai perjuangan yang dimiliki seorang HOS Tjokroaminoto sebagai tokoh pergerakan nasional dalam memperjuangkan gagasan, ide dan nilai –nilai kebangsaan ini dapat membangkitkan kembali rasa kebangsaan generasi muda saat ini,” ujar Ketua YKB HOS Tjokroaminoto Erik Hidayat dalam keterangan resmi tersebut.

"Guru Bangsa Tjokroaminoto" merupakan film arahan sutradara Garin Nugroho yang telah tayang pada April 2015 lalu, dan mengangkat kisah perjuangan dan kehidupan sosok pahlawan nasional HOS Tjokroaminoto yang merupakan tokoh pergerakan nasional bangsa Indonesia di era 1890 – 1920an yang lahir dari kaum bangsawan jawa dengan latar belakang islam yang kuat.

Film bergenre drama biopic berlatar sejarah yang sangat kental dengan budaya Jawa ini diperankan oleh aktor dan aktris ternama Indonesia mulai dari Reza Rahadian, Christine Hakim, Sujiwo Tejo, Alm. Alex Komang, Almarhum Didi Petet, Ibnu Jamil, Chelsea Islan, Tanta Ginting, Deva Mahenra, Maia Estianty, dan juga Putri Ayudya. Film ini juga telah meraih 18 Penghargaan termasuk Film Terbaik pada tahun 2015.

Baca juga: ANTARA Doeloe: Memperingati Alm. H.O.S. Tjokroaminoto
Baca juga: Reza Rahadian ketagihan akting di film biopik

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2018