Bandung (AANTARA News)  - Presiden Joko Widodo menerima anugerah Pinisepuh Paguyuban Pasundan dalam acara yang digelar di Kita Bandung,  Jawa Barat,  Minggu.

"Sebuah kehormatan besar menerima anugerah sebagai Pinisepuh Paguyuban Pasundan," kata Jokowi didampingi Ketua Paguyuban Pasundan Didi Turmudzi usai penganugerahan pinisepuh di Bandung, Minggu.

Presiden Jokowi mengatakan meskipun mendapat anugerah gelar itu namun ia akan tetap fokus dan konsetrasi terhadap pekerjaan-pekerjaan yang belum diselesaikan, utamanya di Jawa Barat.

Ia menyebutkan masih ada pekerjaan besar di wilayah Jabar yang harus diselesaikan. Misalnya Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisundawu)  dan Tol Bigor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) serta pembangunan waduk.

"Itu belum selesai dan harus kita selesaikan, masih banyak pekerjaan yang harus kita selesaikan," katanya.

Mengenai alasan pemberian gelar itu,  Jokowi mempersilakan wartawan menanyakan kepada Ketua Paguyuban Pasundan Didi Turmudzi.

"Nanti alasannya kenapa tanya ke Prof Didi dan lain-lain mengapa saya diberi gelar ini," katanya.

Ketika ditanya apakah mendapat kujang dan disimpan atau bagaimana,  Jokowi mengatakan kujang merupakan simbol tanah Pasundan.

Ketua Paguyuban Pasundan Didi Turmudzi mengatakan masyarakat Pasundan adalah masyarakat yang terbuka,  berpikir positif dan khusnuzon atau berbaik sangka.

"Siapapun yang datang ke Jawa Barat, apapun agamanya, sukunya, saudaranya,  apalagi Pak Jokowi adalah Presiden yang membangun luar biasa di Jawa Barat utamanya infrastruktur," kata Didi.

Menurut dia,  pembangunan infrastruktur akan memberikan kesempatan yang banyak bagi masyarakat Jawa Barat untuk bisa hidup dengan layak dan berkembang sebagaimana harapan semua pihak.

"Pinisepuh Pasundan adalah orang yang penuh keiklasan membela masyarakat membantu dan berjasa bagi bangsa dan negara," katanya.

Ketika ditanya apakah dengan pemberian penghargaan itu menunjukkan warga Jawa Barat mendukung Jokowi sebagai capres 2019-2024, Didi mengatakan menjawab dalam bahasa daerah.

"Saya sudah katakan tadi, 'sinanjung sing terus manggung'," katanya.  

Baca juga: Jokowi saksikan deklarasi Jawa Barat Kondusif
Baca juga: Jokowi tunggangi tracker Kawasaki W175 ke Jalan Braga Bandung
Baca juga: Jokowi ajak masyarakat hijrah dari ujaran kebencian


Pewarta: Bayu Prasetyo/Agus Salim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2018