Kita terus meningkatkan cakupan wilayah pelayanan air pipa
Jakarta (ANTARA News) - Moya Group, perusahaan yang bergerak di bidang air bersih perpipaan, mengajak masyarakat mengonsumsi air perpipaan karena lebih sehat dan aman.

Moya Group mengingatkan masyarakat akan bahaya penggunaan air tanah karena tingginya kandungan bakteri E.coli, serta menyebabkan terjadinya penurunan permukaan tanah atau intrusi air laut

Kegiatan bermuatan edukatif itu, digelar Moya Group di superblock area Hotel Sahid Jaya, car free day (CFD), Jakarta, Minggu (11/11).

Kampanye tersebut dikemas secara kreatif melalui kegiatan story telling oleh Komunitas Rumah Dongeng.

Managing Director Moya Group, Irwan Dinata mengatakan sebagai salah satu pelaku industri bisnis air perpipaan, Moya Group telah berkontribusi terhadap pelayaan air bersih di sebagian wilayah Jakarta, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Bekasi dan Semarang Barat. Saat ini, total kapasitas produksinya mencapai 14.535 liter/ detik.

"Kita terus meningkatkan cakupan wilayah pelayanan air perpipaan", jelas Irwan.

Irwan mengungkapkan enam perusahaan Moya Group yang melayani air perpipaan yakni, PT Aetra Air Jakarta dengan produksi 10.500 liter/ detik untuk melayani jumlah pelanggan lebih dari 452.000 sambungan dengan jumlah jiwa lebih dari 3,172,000 jiwa di Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Jakarta Timur.

PT Aetra Air Tangerang yang merupakan proyek kerjasama Kemitraan Pemerintah dan swasta (KPS) dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang berkapasitas produksi sebesar 900 liter per detik untuk melayani masyarakat pada delapan kecamatan di Kabupaten Tangerang berjumlah 68.206 sambungan atau setara dengan 409.236 jiwa.

PT Moya Bekasi Jaya (MBJ) bekerja sama dengan PDAM Bhagasasi Kabupaten Bekasi melalui mekanisma "Built Operate Transfer" (BOT) Plus berkapasitas pengolahan air sebesar 1.100 liter per detik.

PT Moya Tangerang (MT) berkerja sama dengan PDAM Tirta Benteng Kota Tengerang melalui konsep kerjasama "Built Operate Transfer (BOT) Plus dengan kapasitas pengolahan air sebesar 950 liter per detik.

PT Acuatico Air Indonesia (AAI) memiliki kapasitas pengolahan air sebesar 85 liter per detik untuk melayani kawasan Rasuna Epicentrum (sebuah kawasan bisnis di Jakarta) dengan saluran dan jaringan distribusi mandiri.

PT Air Semarang Barat (ASB) merupakan proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) SPAM Semarang Barat yang akan mulai beroperasi pada tahun 2021 dengan kapasitas produksi sebesar 1.000 liter per detik bagi 60.000 sambungan rumah.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: M. Arifin Siga
Copyright © ANTARA 2018