Jakarta (ANTARA News) - Indonesia Menari kembali digelar untuk ketujuh kalinya. Tahun ini, ajang tersebut dilaksanakan serempak di empat kota yakni Jakarta, Bandung, Solo dan Semarang.

Indonesia Menari 2018 diperagakan dengan bentuk tarian massal koreografi yang menggabungkan beberapa gerakan tari tradisional dan moderen yang diciptakan oleh Ufa Sofura. 

Tarian berdurasi 4 menit tersebut diiringi dengan musik aransemen Pongky Prasetyo yang menggabungkan lagu daerah dari Riau (Soleram), Kalimantan Selatan (Ampar Ampar Pisang), Jawa Tengah (Cublak Cublak Suweng) dan Papua (Yamko Rambe Yamko).

"Animo tahun ini tinggi sekali. Yang mendaftar sampai 3.000 peserta, tapi karena tempatnya di Grand Indonesia jadi kita batasi 1.500 saja, jadi mereka ada yang pergi ke kota lain. Untuk musiknya kita memadukan musik tradisi, hiphop, DJ dan kekinian agar semua bisa ikut dan ini kan yang lagi disenangi anak muda," ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation ditemui dalam acara Indonesia Menari 2018 di Jakarta, Minggu.

Untuk kota Jakarta, acara berlangsung di delapan titik tempat di Grand Indonesia. Peserta juga dibagi menjadi grup dan individu. Setiap kota pun memiliki ikonnya masing-masing yang berprofesi sebagai pekerja seni.
 
Dimas Beck, Ify Alyssa dan Ufa Sofura dalam Indonesia Menari 2018 di Grand Indonesia, Jakarta, Minggu (12/11/2018). (Antara News/Maria Cicilia Galuh)


Di Jakarta, ikon Indonesia Menari 2018 adalah Dimas Beck dan Ify Alyssa. Keduanya mengaku bersemangat saat ikut menari bersama para peserta.

"Jujur ya capek banget, ini stamina banget sih. Tapi tadi kita melihat orang lain pada semangat, kita jadi semakin semangat juga narinya," kata Dimas.

Dari 1.500 peserta yang terlibat dalam Indonesia Menari 2018 telah ditetapkan juara untuk tiap kategorinya. Untuk kategori Individu terdapat lima pemenang yang masing-masing mendapatkan laptop 10 inch yakni Faiha Raisa Fitri, Muhamad Suharyanto, Befatia Aisarahmadan, Rizki Arfan dan Nuke Fernanda.

Sedangkan untuk kategori kelompok dimenangkan oleh Shiva Nataraja sebagai juara satu dengan hadiah Rp25 juta dalam bentuk subsidi.

Juara dua diraih oleh Pic A Boo dengan hadiah Rp20 juta dan juara ketiga dimenangkan oleh Kenar's Crew dengan hadiah Rp15 juta. Sedangkan juara favorit diraih oleh Senitra Dance Studio dengan hadiah Rp10 juta.

Baca juga: Ayushita, Morgan Oey, Yuki Kato bakal menari bersama ribuan orang

Baca juga: Ayushita suka pekerjaan berbau budaya

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018