Jakarta (ANTARA News) - Bangladesh Honda Private Limited (BHL), usaha bisnis sepeda motor Honda di Bangladesh, Minggu (11/11) membuka pabrik sepeda motor baru di propertinya sendiri di Zona Ekonomi Abdul Monem, Char Boushia, Gazaria, Munshiganj Disrict, Divisi Dhaka di Bangladesh.

Acara tersebut dihadiri perwakilan pemerintah Bangladesh, sejumlah anggota parlemen, Duta Besar dan sejumlah perwakilan Honda.

Dikutip dari laman resmi Honda, Senin waktu setempat, dengan pendekatan yang berorientasi pada pelanggan, Honda memperluas bisnisnya di Bangladesh untuk menghasilkan produk yang memenuhi kebutuhan pelanggan untuk pasar yang sedang tumbuh. Sebagai salah satu tanggung jawab utamanya, BHL memimpin pengembangan industri sepeda motor negara tersebut dan berkontribusi terhadap industrialisasi Bangladesh. Perusahaan ini telah merelokasi pabriknya, yang secara resmi diresmikan Minggu, dari Gazipur ke lokasi baru di Zona Ekonomi Abdul Monem.

Honda bersama mitranya Bangladesh Steel and Engineering Corporation (BSEC), telah menginvestasikan total 2,3 miliar taka Bangladesh untuk bangunan, peralatan, fasilitas, dan lahan seluas 25 hektar untuk pabrik baru di Munshiganj District, Divisi Dhaka. Pabrik itu, yang saat ini menempati sepertiga dari komplek tersebut, membutuhkan waktu satu tahun untuk menyelesaikannya setelah upacara peletakan batu pertama yang diadakan pada 5 November 2017.

Pabrik ini akan memiliki kapasitas produksi tahunan awal sebesar 100.000 unit sepeda motor. Sejalan dengan tren pasar, BHL berencana untuk terus berinvestasi dalam memperluas kapasitas produksinya menjadi 200.000 unit pada tahun 2021 dan akan membangun pabrik fase-penuh pada sisa dua pertiga properti untuk mengakomodasi pertumbuhan pasar di masa depan.

Industri sepeda motor di Bangladesh sedang mengalami pertumbuhan yang cepat dengan dukungan pemerintah yang kuat, termasuk mempromosikan kebijakan lokalisasi dan mengurangi tugas tambahan pada Desember 2016. Hal ini memungkinkan BHL untuk meningkatkan lokalisasi suku cadang komponen, yang akan meningkatkan efektivitas biaya untuk model sepeda motor yang diproduksi di pabrik baru. Misalnya, pabrik baru ini memperkenalkan bagian pengelasan dan pengecatan untuk lokalisasi dengan dukungan teknis dari Honda Motor di Jepang. Awalnya, BHL akan melokalisasi kerangka tubuh dan lengan ayun dan kemudian secara bertahap memperluas lokalisasi ke bagian lain yang dirakit di pabrik baru di masa depan.

Pabrik baru membuka lebih banyak peluang untuk transfer pekerjaan dan teknologi ke rekan lokal. Saat ini, perusahaan memiliki 390 rekanan, dan BHL berencana untuk meningkatkan jumlah rekanan yang sejalan dengan ekspansi bisnisnya. Perusahaan juga akan memberikan pelatihan kepada rekannya mengenai keterampilan yang diperlukan untuk menghasilkan produk berkualitas terbaik yang akan membawa kebahagiaan dan kepuasan bagi pelanggan Honda.

Mr. Yoshi Yamane, Direktur Pelaksana Senior dan Kepala Staf Operasi Produksi Honda Motor Co., Ltd., berkata, Visi Honda 2030 menyatakan 'Melayani orang-orang di seluruh dunia dengan sukacita memperluas potensi kehidupan mereka' dan 'Memimpin kemajuan mobilitas dan memungkinkan orang di mana pun di dunia untuk meningkatkan kehidupan sehari-hari mereka'.

"Peresmian pabrik baru menunjukkan salah satu inisiatif terpenting untuk mewujudkan Visi 2030 ini. Bangladesh Honda akan bertujuan untuk mengembangkan lebih lanjut dengan menyediakan produk berkualitas andal dari pabrik baru ini,” kata Yoshi Yamane.

“Sebagai produsen sepeda motor terkemuka, dan dengan bimbingan dan keahlian dari Honda Motor di Jepang, kami percaya bahwa industri sepeda motor akan berkembang dan berkontribusi terhadap ekonomi nasional dengan menghasilkan lebih banyak lapangan kerja, mengembangkan tenaga kerja terampil, mentransfer teknologi, mendorong pertumbuhan industri pemasok komponen, dan menarik lebih banyak investasi asing langsung,” tambah  Managing Director dan CEO BHL, Mr Yuichiro Ishii.

Bangladesh Honda berkomitmen untuk menawarkan produk-produk berkualitas tinggi dengan harga yang wajar sambil berkontribusi kepada masyarakat dengan memberikan orang-orang dengan sukacita dan kebebasan mobilitas. Melalui upaya ini, BHL akan berusaha untuk menjadi perusahaan yang masyarakat wan.

Baca juga: Hyundai Motor berkomitmen dukung transisi energi hidrogen

Baca juga: Ekspor untuk kendaraan SUV Korea Selatan mengalami kenaikan

Baca juga: Sensasi melibas Sirkuit Sentul menunggangi Yamaha R25
Penerjemah: Chairul Rohman
Copyright © ANTARA 2018