Pergerakan rupiah dalam hariannya akan bervariasi seiring sentimen yang beredar di pasar
Jakarta (ANTARA News) -  Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore ini melemah sebesar 167 poin menjadi Rp14.835 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.668 per dolar Amerika Serikat (AS), terimbas kekhawatiran kenaikan bunga bank sentral AS, Federal Reserve (Fed) .

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Senin mengatakan dolar AS cenderung bergerak naik terhadap mayoritas mata uang dunia, termasuk rupiah, di tengah keyakinan pelaku pasar uang terhadap data inflasi AS yang akan naik.

"Data inflasi AS akan dirilis pada pekan ini, diperkirakan menunjukkan kenaikan seiring meningkatnya harga konsumen pada bulan Oktober," katanya.

Ia menambahkan peningkatan inflasi membuka peluang bagi Bank Sentral AS, Federal Reserve (Fed), untuk menaikan suku bunganya. Apalagi Fed pada awal bulan ini juga telah menyampaikan normalisasi kebijakan suku bunga masih dalam jalurnya.

"Pergerakan dolar AS cukup solid karena outlook kenaikan suku bunga AS dan data ekonomi AS yang optimis," katanya.

Kendati demikian, menurut dia, penguatan dolar AS masih relatif terbatas terkendala pemilu sela AS  yang hasilnya menimbulkan kemungkinan perubahan peta politik, dimana Partai Demokrat memenangi suara dalam DPR AS.

"Agenda legislatif Presiden AS Donald Trump dapat terhambat di parlemen," katanya.

Sementara itu, pengamat pasar uang Bank Woori Saudara Indonesia Tbk, Rully Nova, mengatakan pelemahan nilai tukar rupiah masih relatif wajar setelah sempat menguat hingga menyentuh angka Rp14.400-an per dolar AS.

"Pergerakan rupiah dalam hariannya akan bervariasi seiring sentimen yang beredar di pasar. Data ekonomi nasional yang masih cukup baik masih menjaga kepercayaan pasar sehingga pelemahannya tidak lebih dalam," katanya.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada hari ini (12/11), tercatat mata uang rupiah melemah menjadi Rp14.747 dibanding sebelumnya (9/10) di posisi Rp14.632 per dolar AS.

Baca juga: Dolar AS menguat, Fed diyakini kembali naikkan bunga

Baca juga: Rupiah melemah dibayangi normalisasi kebijakan The Fed

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018