Beijing, China (ANTARA News) - JD.com meraup 159,8 miliar yuan atau sekira Rp340,8 triliun selama 11 hari menggelar Festival Belanja Single Day sejak 1 November hingga 11 November malam.

Tahun lalu, JD.com membukukan 127,1 miliar yuan atau sekira Rp271,1 triliun selama 12 hari penjualan sejak 1 November hingga 12 November 2017.

"Ada perubahan yang nyata di China, orang-orang sekarang lebih mengutamakan kualitas dibanding harga. JD punya posisi unik yang mampu memenuhi itu semua berkat kemampuannya membangun kepercayaan pelanggan dengan kebijakan zero-tolerance terhadap barang palsu dan inovasi di keamanan produk," kata Lei Xu, CMO JD.com sekaligus CEO JD Mall, Beijing, Senin.

Selama 11 hari itu JD.com mampu menjual 400 juta item.

Ada empat komponen item penyumbang teratas pendapatan tersebut di antaranya; bahan makanan segar, smartphone premium, alat-alat keperluan dapur dan peralatan rumah.

Mereka mengklaim mampu menjual makanan segar impor hingga dua kali lipat tahun ini dibanding tahun sebelumnya, di mana konsumen membeli lebih dari 29.500 ton daging segar, sayuran, buah dan seafood termasuk 12 ton lobster hidup.

Sementara itu, di Indonesia; JD.id, e-commerce yang berafiliasi dengan JD.com juga turut meramaikan Single Day yang dirayakan setiap tanggal 11 November dengan cara unik.

Seluruh karyawan JD.id turun tangan langsung melayani pesanan pelanggan. Bahkan CEO JD.id, Zhang Li pun turun  langsung menyiapkan pesanan.

"Di Single Day kami menerapkan flat organization yakni seluruh karyawan saling membantu untuk melayani pelanggan, tidak peduli apapun posisinya," kata Teddy Arifianto, Kepala Corporate Communications dan PR JD.id.

Beragam promo yang ditawarkan JD.id di antaranya adalah JD Half (diskon setengah harga) dan JD99 (harga serba Rp99 ribu) pada puncaknya 11 November.

Ada juga 24 jam Flash Sale selama 3 hari Diskon 99 persen, diskon sampai dengan 99 persen untuk merek pilihan Mystery Box, promo dari brand-brand unggulan dalam satu paket, beragam produk dengan harga serba Rp11.000 dan Rp110.000, promo bayar hanya 11 persen saja, hingga parade diskon khusus brand tertentu setiap hari selama 3 hari.

Baca juga: JD.com wujudkan pengiriman barang ke pelanggan pakai drone

Baca juga: Single Day, JD raup Rp287 triliun dalam 11 hari

Baca juga: Masyarakat China doyan belanja barang mewah via online

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018