Jakarta (ANTARA News) - Dua atlet bulu tangkis tunggal putri Indonesia Dinar Dyah Ayustine dan Ruselli Hartawan lolos ke babak utama turnamen Hong Kong Terbuka 2018 setelah menaklukkan wakil Taiwan pada babak kualifikasi yang berlangsung di Kowloon, Hong Kong, Selasa.

Dinar, seperti dipantau Antara di Jakarta, dari situs resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) menaklukkan pemain Taiwan Chiang Ying Li dalam tiga gim 24-26, 21-12, dan 21-11 selama 50 menit permainan. Sedangkan Ruseli menang cepat dalam 20 menit atas pemain lain Taiwan Lee Chia Hsin dengan skor 21-7, 21-16.

Pertandingan kualifikasi di Hong Kong menjadi revans Dinar atas Chiang. Sebelumnya kedua pemain pernah berhadapan pada turnamen Vietnam Terbuka 2013 dengan hasil kemenangan Chiang 21-14, 21-17.

Sementara, kemenangan Ruseli menjadi kemenangan keduanya atas Lee setelah pertemuan mereka pada turnamen Jaya Raya International Challenge pada 2015. Ruseli menang atas Lee dalam turnamen Jaya Raya itu dengan skor 21-15, 21-19.

"Lawan mampu mengendalikan permainan dengan baik seperti bola 'lob dan chop'. Pada gim pertama, saya terbawa permainan lawan yang pelan," ujar Dinar seperti tercantum dalam situs resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Dinar mengaku dapat merebut gim kedua dan ketiga setelah lawan kehabisan stamina sehingga pergerakannya lambat dan pertahanannya dapat ditembus.

Dinar pernah kalah dari Cheung pada Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2018 dengan skor 17-21, 18-21.

Sementara, Ruselli justru mengaku belum dapat mengukur kemampuannya meskipun telah menang atas Lee dalam 20 menit permainan. "Lawan tidak bermain pada kemampuan terbaiknya. Pertandingan kami berlangsung cukup ketat pada pertemuan sebelumnya," ujar pemain yang akrab disapa Mey Mey itu.

Pada pertandingan pertama babak utama Hong Kong Terbuka, Ruseli akan menghadapi pemain China Chen Xiaoxin. Pada pertandingan tim Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2018, Ruselli takluk dari Chen dalam dua gim 17-21, 17-21.

Meskipun dua pemain tunggal putri Indonesia itu dapat lolos ke babak utama turnamen tingkat Super 500 itu, pemain lain Yulia Yosephin Susanto gagal mengikuti jejak Dinar dan Ruselli menembus babak utama.

Yulia kalah dari atlet tunggal putri tuan rumah Deng Joy Xuan dalam dua gim langsung 14-21, 11-21 selama 30 menit permainan babak kualifikasi turnamen berhadiah total 400 ribu dolar AS itu. 

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018